Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

HUT ke-41 Desa Matotonan Sukses Jaga Tradisi Mentawai

  • Bagikan
HUT ke-41 Desa Matotonan
Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyampaikan sambutannya dalam peringatan HUT ke-41 Desa Matotonan, Selasa (10/8/2021). (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet beserta rombongan ikut menghadiri peringatan hari jadi atau HUT ke-41 Desa Matotonan, Selasa (10/8). Kedatangan Yudas disambut Camat Siberut Selatan, Hijhon, serta Kepala Desa Matotonan, Ali Umran Sarubei.

Selain itu, kedatangan orang nomor satu di Bumi Sikerei itu juga disambut Ketua Panitia HUT ke-41 Desa Matotonan, Kristinus Basir, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), jajaran pemerintah desa, serta masyarakat Desa Matotonan.

Sebagaimana layaknya tradisi penyabutan khas Kepulauan Mentawai, kedatangan Yudas Sabaggalet disambut dengan Turuk Laggai atau Tarian Sikerei. Kegiatan penyambutan itu berlangsung di Gedung Balai Desa Matotonan, Kecamatan Siberut Selatan.

Dalam kesempatan itu, Yudas Sabaggalet lewat sambutannya mengucapkan selamat kepada Desa Matotonan yang sudah berusia 41 tahun. “Pesta adat-budaya ini hanya ada di Desa Matotonan, dan tidak dimiliki desa lain (di Mentawai, Red),” hemat Yudas Sabaggalet.

“Makanya, saya sangat bangga sekali dengan Desa Matotonan yang sudah menginjak usia 41, semakin mengedukasi dengan menjaga tradisi Mentawai,” lanjut bupati.

Untuk itu, ia berharap tradisi itu selalu dipertahankan oleh Desa Matotonan, sehingga ke depan hasilnya bisa bernilai ekonomi untuk masyarakatnya. “Perkembangan budaya Mentawai juga perlu kita angkat hingga bernilai menjadi kekuatan, politik, ekonomi dan hukum,” kata Yudas Sabaggalet.

Lakukan Peninjauan di Sela-sela HUT ke-41 Desa Matotonan

Selain mengikuti peringatan HUT ke-41 Desa Matotonan, Bupati Mentawai ternyata juga menyempatkan untuk melakukan sejumlah peninjauan. Yakni menyangkut untuk kebutuhan pendidikan serta tempat wisata budaya di Desa Matotonan.

Sebab, dalam kunjungan tersebut, Yudas Sabaggalet didampingi kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan bidang pendidikan, wisata dan budaya tersebut. Yakni Kepala Dinas Pendidikan, Oreste Sakeru, serta Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Mentawai, Jhoni Anwar.

“Saya sengaja membawa langsung OPD terkait agar bisa melihat langsung kondisi di lapangan. Lalu bisa juga menangkap potensi-potensi yang harus dikembangkan,” tukas Yudas. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan