Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

HUT ke-23 Baznas Padang Pariaman Luncurkan Aplikasi Inovatif

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, memberikan sambutan dalam tasyakuran yang berlangsung di Hall IKK Kawasan Parik Malintang, pada Selasa (23/1/24). (Foto: Diskominfo Padang Pariaman)
111 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Padang Pariaman merayakan HUT ke-23 Baznas, dengan mengadakan tasyakuran yang berlangsung di Hall IKK Kawasan Parik Malintang, pada Selasa (23/1/24).

Dalam acara tersebut, Baznas Kabupaten Padang Pariaman juga meresmikan dua aplikasi inovatif, yaitu “LIPUTAN KITA” (Layanan Informasi Pengaduan serta Laporan Muzaki dan Mustahik) dan aplikasi “E-AMIL.”

Kedua aplikasi yang diluncurkan dalam perayaan HUT ke-23 Baznas tersebut, diresmikan secara resmi oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. Ia sangat apresiasi kepada Baznas Kabupaten Padang Pariaman atas kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Suhatri Bur berharap agar Baznas Padang Pariaman terus meningkatkan kinerjanya dalam mengelola zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Dengan demikian, manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat, sekaligus meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan mustahik di Padang Pariaman.

Wakil Ketua Bidang III Baznas Provinsi Sumatera Barat, Firdaus Jamal, menjelaskan bahwa Baznas adalah lembaga pemerintahan non-struktural yang bergerak di bidang keagamaan, sosial, dan keuangan. Ia menekankan pentingnya pengelolaan Baznas yang profesional dan akuntabel.

Menyinggung predikat baik yang diterima Kabupaten Padang Pariaman dalam audit syariah tahun lalu, Firdaus Jamal berharap informasi itu memperkuat kesadaran umat Islam untuk menunaikan kewajiban zakat.

hut ke 23 baznas padang pariaman luncurkan aplikasi 1
Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman, Rahmat Tk Sulaiman, memberikan sambutan dalam tasyakuran yang berlangsung di Hall IKK Kawasan Parik Malintang, pada Selasa (23/1/24). (Foto: Diskominfo Padang Pariaman)

Sedangkan Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman, Rahmat Tk Sulaiman, menjelaskan bahwa kedua inovasi tersebut, yakni LIPUTAN KITA dan E-AMIL, berfungsi sebagai media transparansi Baznas untuk menyampaikan informasi dari masyarakat dan mempermudah pembayaran zakat.

Dia berharap agar masyarakat dapat merespons baik kedua program tersebut dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya zakat. Rahmat juga menargetkan pencapaian pengumpulan zakat sebesar Rp 13,6 miliar pada tahun 2024.

Tasyakuran HUT ke-23 Baznas tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan penghargaan kepada pengumpul zakat terbaik.

Acara ini dihadiri oleh kepala OPD, Camat, Wali Nagari se Padang Pariaman, Direktur RSUD, Kapolres Pariaman, Dandim O809 Pariaman, Kepala Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, UPZ Nagari, bendaharawan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, dan relawan mitra Baznas. (*)