Kamis, 22 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Pesan Ketua DPRD di Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191 Sangat Mendalam

Ketua DPRD Padang Pariaman, Arwinsyah (kiri), didampingi Wakil Ketua DPRD Aprinaldi (tengah), dan Wakil Ketua DPRD Risdianto, saat memimpin sidang paripurna Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191, di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman, Kamis (11/1/2024). (DatiakFoto)
76 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Pesan Ketua DPRD Padang Pariaman, Arwinsyah, di Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191, sangat mendalam dan kaya makna. Hal itu ia sampaikan ketika memimpin sidang paripurna di Hall Kantor Bupati Padang Pariaman, Kamis (11/1/2024).

Dalam paripurna Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191 itu, Arwinsyah memimpin sidang paripurna dengan didampingi dua Wakil Ketua DPRD Padang Pariaman. Yakni Aprinaldi dan Risdianto.

Arwinsyah menyampaikan gagasan tentang arti sejati ditetapkannya Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191. Yakni sebagai wujud identitas daerah, tonggak dimulainya pemerintahan yang disertai harapan mewujudkan kesuksesan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam penentuan hari jadi, tentunya dilakukan kajian mendalam, dan berpedoman pada fakta sejarah. Paripurna ini adalah puncak rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191. Ini sebagai wujud pelaksanaan Peraturan Daerah Padang Pariaman Nomor 6 Tahun 2014,” jelasnya.

Menurutnya, peringatan Hari Jadi Kabupaten Padang Pariaman yang digelar setiap tahun, memiliki makna mendalam. Jadi bukan sekadar euforia dan seremonial belaka. “Melalui peringatan hari jadi kabupaten ini, mari kita pupuk rasa cinta, dan rasa memiliki kabupaten ini,” katanya.

“Untuk itu, mari kita jadikan peringatan ini sebagai motivasi dan bahan renungan, dalam melakukan langkah-langkah mewujudkan kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman ke depannya,” imbuhnya.

Katanya, peringatan Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191, mengusung tema “Maju Bersama untuk Padang Pariaman Berjaya”. “Artinya, hanya dengan semangat dan kekuatan bersama, kita bersatu membangun daerah yang kita cintai ini,” pesannya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh pihak untuk senantiasa berbenah diri. “Mari kita optimalkan pemanfaatan segala sumber daya yang ada, untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat Padang Pariaman. Kita satukan langkah dan persepsi. Kita tingkatkan peran masyarakat dalam pembangunan,” seru Arwinsyah.

Ia menilai bahwa Pemkab dan DPRD Padang Pariaman sebagai penyelenggara pemerintahan daerah, harus selalu berpihak kepada masyarakat. Jadi, penyediaan fasilitas dan sarana-prasarana, serta peningkatan pelayanan publik, merupakan prioritas utama yang harus dilakukan.

“Kami sangat mengapresiasi segala niat dan upaya Pemkab Padang Pariaman dalam menjalankan pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan segala keterbatasan, berbagai hambatan dan tantangan dapat diatasi dengan baik,” jelasnya.

“Dengan segala keterbatasan, banyak kesuksesan dan prestasi yang telah dicapai. Ditandai dengan diperolehnya penghargaan di tingkat provinsi hingga nasional,” tambahnya.

Untuk itu, ia ucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah, segenap ASN dan elemen masyarakat, serta pihak lainnya. Menurutnya, semua tercapai atas kerja keras, kerja ikhlas, dan kerja cerdasnya dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing, dalam menjalankan perannya di Pemkab Padang Pariaman.

“Kami ucapkan juga terima kasih kepada pendahulu dan pendiri kabupaten. Mantan bupati dan wakil bupati, mantan pejabat bupati, mantan para pejabat serta pimpinan dan anggota DPRD sebelumnya, serta tokoh masyarakat. Atas segala jasa dan pengabdiannya, Padang Pariaman bisa menjadi seperti sekarang ini,” pujinya.

Maka dari itu, Arwinsyah kembali mengajak agar Hari Jadi Padang Pariaman Ke-191 dijadikan momentum menyatukan persepsi dalam menentukan arah dan kebijakan, dalam upaya mencapai visi-misi Pemkab Padang Pariaman.

“Kita jadikan momentum ini untuk mengevaluasi kinerja, dan menumbuhkan komitmen dan kerja nyata dalam rangka meningkatkan kemakmuran masyarakat Padang Pariaman,” sarannya.

Ia pun mengingatkan seluruh pihak dalam penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Padang Pariaman, agar tidak lupa diri dan merasa puas atas keberhasilan yang diperoleh.

“Keberhasilan yang telah kita peroleh bukanlah tujuan akhir. Ke depannya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah tidaklah semakin ringan. Bahkan sebaliknya menjadi lebih berat dari tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu, Arwinsyah pun menyampaikan terima kasih kepada segenap masyarakat Kabupaten Padang Pariaman di ranah dan rantau. Sebab, baginya kemajuan Padang Pariaman tidak terlepas dari partisipasi masyarakat.

“Kita berharap partisipasi kita terus meningkat ke depannya. Tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, segala niat serta daya dan upaya pemerintah, tentu tidak bisa dijalankan dengan maksimal,” tukasnya. (*)