Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

GTP Ulakan Dikunjungi Menparekraf, Suhatri Bur: Harus Juara 1

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, menyampaikan optimismenya kepada Menparekraf Sandiaga Uno, bahwa GTP Ulakan layak menjadi juara 1 ADWI 2022. (Hasnul Uncu/DatiakFoto)
314 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur optimis GTP Ulakan mampu menjadi Juara 1 Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022. Hal itu disampaikannya langsung kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, saat mengunjungi kawasan Green Talao Park (GTP) di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakantapakih tersebut, kemarin (5/7/2022).

Suhatri Bur mengaku kedatangan Menparekraf dan tim penilai ADWI 2022, sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemkab dan masyarakat Padang Pariaman. Terlebih masyarakat yang berada di Nagari Ulakan, Kecamatan Ulakantapakih itu.

“Green Talao Park Ulakan ini pak menteri, memiliki banyak potensi. Alam dan budayanya sangat menyatu. Masyarakat juga mampu melahirkan produk khas yang nikmat dari alam, seperti kuliner lokan, dan buah nipah,” ujar Suhatri Bur.

Dengan ragam keistimewaan tersebut, menurutnya tidak salah GTP Ulakan menjadi salah satu desa wisata yang masuk dalam ADWI tahun 2022 ini. Buktinya, GTP Ulakan bisa melangkah ke tahapan 50 besar.

“Kami optimis GTP Ulakan harus juara 1 di ADWI 2022. Terbaik nasional. Sebelumnya Sumbar kan nomor 3. Sekarang harus nomor 1,” ucap Suhatri Bur kepada Sandiaga Uno penuh keyakinan.

Sedangkan Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, dirinya memang sangat kagum dengan potensi pariwisata, kearifan lokal, dan kuliner di GTP Ulakan. “Pariwisata ada track mangrove, budayanya yang khas, dan kulinernya seperti buah nipah yang disajikan warga tadi,” papar Sandi –sapaan Menparekraf.

Sandi pun memuji keterlibatan berbagai pihak untuk mengembangkan pariwisata di GTP di Nagari Ulakan itu. Untuk itu, ia berharap GTP Ulakan terus dikembangkan sebagai wisata berkelanjutan, yaitu environmental sustainability, ekowisata. Sebab, GTP Ulakan menurutnya bisa menjadi andalan yang bisa terus dipromosikan.

“Semoga, desa wisata GTP Ulakan menjadi andalan, daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Apalagi kita akan buka penerbangan Kuala Lumpur–Bandara Internasional Minangkabau (BIM),” tukas Menparekraf Sandiaga Uno.

Informasi dari tim penilai, Green Talao Park di Nagari Ulakan menjadi desa wisata ke-18 yang dikunjungi Menparekraf, dari 50 besar desa wisata di ajang ADWI 2022. Diperkirakan, final atau pengumuman dari hasil penilaian terhadap 50 desa itu, dirilis jelang akhir 2022 ini. (da.)