Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Erman-Marfendi Resmi Tumbangkan Dua Petahana Bukittinggi

  • Bagikan
Suasana sidang plano penetapan Pilkada Bukittinggi 2020. Hasilnya, Erman-Marfendi unggul 3,37 persen suara dari Ramlan Nurmatias-Syahrizal, lalu selisih 30,1 persen dari Irwandi-David Chalik. (Foto: Istimewa)

Bukittinggi | Datiak.com – Pasangan nomor urut 2 Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar-Marfendi, ditetapkan sebagai pemenang dalam Pilkada Bukittinggi 2020. Erman-Marfendi unggul 3,37 persen suara dari kandidat perseorangan Ramlan Nurmatias-Syahrizal, lalu selisih 30,1 persen dari suara pasangan Irwandi-David Chalik.

Kemenangan itu berdasar hasil rekapitulasi yang telah diplenokan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi di Balai Sidang Bung Hatta. Sekaligus menandai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi terpilih, berikutnya diemban pasangan orang dekat Ustad Abdul Somad atau pupoler dikenal dengan nama UAS ini.

“Hasil pleno rekapitulasi suara tingkat kota pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi 2020 dimenangkan paslon nomor 2 yaitu Erman-Marfendi,” kata Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura.

BACA JUGA:  Kecelakaan Beruntun di Lembah Anai, AKDP Borneo Terjun ke Sungai

KPU mencatat, perolehan suara sah sebanyak 55.482 suara dan suara tidak sah sebanyak 877 suara. Dengan begitu kata Heldo, total pemilih berpartisipasi di Pilkada Bukittinggi 2020 sebanyak 56.359 pemilih.

Secara keseluruhan, lanjutnya, tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 di Bukittinggi mencapai 72 persen. Jumlah ini diakui memang masih kurang dari target yang diusung pihaknya yakni di angka 80 persen. Namun diklaim telah meningkat dibanding Pemilu 2019 yang hanya mencapai 60 persen pemilih.

Dari hasil rekapitulasi sendiri, pasangan nomor urut 01 petahana Wali Kota Ramlan Nurmatias-Syahrizal meraup 22.782 suara atau 41,12 persen. Sang pemenang Erman-Marfendi mengumpulkan 24.650 suara atau 44,49 persen. Sedangkan mantan Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi yang maju didampingi aktor nasional David Chalik, hanya merebut 7.972 suara atau 14,39 persen.

BACA JUGA:  Rp 20 Miliar Ganti Rugi Tanah Tol di Padangpariaman Disalurkan

Khusus pasangan Erman Safar-Marfendi menang 2 dari 3 Kecamatan di Bukittinggi. Erman Safar unggul di ABTB dan Gugukpanjang. Namun kalah tipis di Mandiangin Koto Selayan.

Pilgub di Bukittinggi

Untuk hasil Pilgub (Pemilihan Gubernur) Sumbar, Bukittinggi yang manjadi basis pasangan Mulyadi-Ali Mukhni menempatkan pasangan nomor urut 1 ini unggul tipis dengan perolehan 22.742 suara atau 41 persen. Nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri sebanyak 7.762 suara atau 14 persen, nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar 2.855 suara atau 5 persen.

Pasangan nomor urut 4, Mahyeldi-Audy Joinaldy meraih 22.123 suara atau 40 persen, kalah tipis dari Mulyadi-Ali Mukhni. Komisioner KPU Divisi Teknis, Yasrul menyampaikan, proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat kota ini, KPU tidak terima sanggahan tentang proses pilkada. “Tapi jika ada selisih suara dari yang dimiliki, sanggahan dari saksi dapat kami terima,” katanya. (da.)

  • Bagikan