BPK Sumbar Ambil Sampel Bangunan Jembatan Kayugadang

  • Bagikan
UJI MUTU: Tim BPK Sumbar didampingi Inspektur dan Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Padangpariaman, saat mengambil sampel bangunan jembatan Kayugadang, Kamis (17/12). (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Pembangunan jembatan Kayugadang di Kecamatan Lubuk Alung sudah selesai. Jembatan tersebut merupakan jembatan terbesar di Padangpariaman. Yakni dengan panjang 101,8 meter dengan lebar 7 meter. Untuk itu, BPK Sumbar mulai mengambil sampel bangunan jembatan Kayugadang itu untuk diuji labor.

“Alhamdulillah, jembatan yang diimpi-impikan masyarakat sudah selesai. Bangunan bagus dan menjadi ikon baru, khususnya untuk Lubukalung,” kata Inspektur Hendra Aswara ketika mendampingi tim BPK Sumbar meninjau jembatan Kayugadang, kemarin (17/12).

Untuk memastikan kualitas jembatan tersebut, lanjut Hendra, BPK langsung mengambil sampel bangunan jembatan Kayugadang. Sampel itu akan dibawa ke labor yang telah ditunjuk. ”Tim BPK Sumbar mengambil sampel dari bawah sampai ke ujung jembatan. Pengambilan sampel disaksikan oleh BPBD, pelaksana dan pengawas pekerjaan,” kata mantan Kabag Humas Padangpariaman tersebut.

BACA JUGA:  Diduga Gegara Rebutan Wanita, Seorang Pelajar MAN 1 Bukittinggi Tewas

Sementara Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Padangpariaman, Yendri, mengatakan jembatan Kayugadang dibangun dari hibah BNPB. Nilainya sekitar 25 miliar yang mulai direalisasikan akhir Desemberi 2019. Namun untukpembangunan jembatan mulai dilaksanakan pada April 2020.

“Alhamdulillah, jembatan ini menjadi pilot project BNPB. Bahkan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB sudah sering meninjau ke sini,” kata Yendri.

Untuk peresmian jembatan, lanjutnya, Bupati Padangpariaman berencana mengundang Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo. “Insya Allah peresmiannya dilaksanakan Januari 2021 nanti,” ungkap Yendri.

Yendri turut mengungkapkan BPBD Padangpariaman juga sudah mengajukan proposal ke BNPB sebesar Rp 193 miliar. Tujuannya juga untuk penanggulangan bencanan alam yang merusak sejumlah infrastruktur. Salah satunya jembatan Lubuk Napa di Padangsago yang ukurannya juga sangat panjang.

BACA JUGA:  Pasangan Suhatri Bur-Rahmang Sah jadi Pemenang

“Semoga dengan keberhasilan pembangunan jembatan Kayugadang ini, membuat BNPB semakin percaya kepada kita sehingga proposal yang sudah kita usulkan semakin cepat diproses.  Mudah-mudahan pandemi di Negara kita juga semakin mereda,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan