Bidan Kunci Kesuksesan Program Padangpariaman Sehat

  • Bagikan
Ali Mukhni menerima cendera mata usai membuka Muscab ke-IX IBI Cabang Padangpariaman, di Hall IKK Padangpariaman, Sabtu (16/1). Dalam sambutannya, Ali Mukhni berpesan agar IBI menjaga kesuksesan Program Padangpariaman Sehat. (Foto: Syahrial Canon/Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Program Padangpariaman Sehat salah satu unggulan Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni. Sehingga, ia akan terus memberikan dukungan penuh agar program tersebut berjalan maksimal. Tak heran, apabila Padangpariaman Sehat menjadi percontohan nasional hingga lahirnya Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

“Kita sangat menyadari betapa pentingnya kesehatan masyarakat. Prinsipnya sederhana, kesehatan adalah modal utama untuk mewujudkan masyarakat cerdas dan sejahtera,” hemat Ali Mukhni usai membuka Musyawarah Cabang (Muscab) ke-IX Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Padangpariaman, di Hall IKK Padangpariaman, Sabtu (16/1).

Salah satu sub kegiatan dalam Padangpariaman Sehat, katanya yaitu kunjungan bidan desa. Tujuannya untuk memastikan agar bidan di desa-desa mencek secara berkala kondisi kesehatan di masyarakat. Selain itu juga mengedukasi masyarakat tentang kesehatan.

“Cara ini juga salah satu yang membuat daerah kita sangat rendah angka kematian ibu dan anaknya, sebelum ataupun saat persalinan,” hemat bupati yang pernah diminta Kemenkes menjadi narasumber Rakerkesnas Kemenkes 2020 tersebut.

Untuk itu, Ali Mukhni berpesan agar pelaksanaan Muscab ke-IX IBI Cabang Padangpariaman berlangsung dengan baik. Sehingga, Ketua IBI Padangpariaman terpilih untuk periode berikutnya, dapat membawa organisasi profesi tersebut sebagai wadah edukasi bidan di Padangpariaman dalam meningkatkan professionalitas kerjanya.

“Bidan salah satu tiang keberhasilan program kesehatan. Makanya, sangat besar harapan kita kepada para bidan untuk terus mengasah diri dari masa ke masa,” harap Ali Mukhni.

Terlebih di masa pandemi ini, lanjutnya, penanganan medis tentunya lebih penuh kehati-hatian, lantaran disertai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Jadi, bidan yang menurutnya penentu kelangsungan generasi manusia, mampu melahirkan terobosan-terobosan baru, sehingga persalinan di masa pandemi aman dari paparan Covid-19.

“Setiap terobosan atau inovasi pasti bisa kita lakukan dengan rutin berdiskusi dan mencari ilmu dari berbagai sumbar. Makanya, IBI Padangpariaman kita harapkan bisa membantu mendukung hal itu,” pungkas Ali Mukhni.

Data yang dihimpun Datiak.com, dalam Muscab ke-IX IBI Cabang Padangpariaman mengapung 9 calon Ketua IBI Padangpariaman. Yakni Yulinda Laila, Pebriyanti Putri Sapari, Erpita Yanti, Jasnimar, Letilatif, Jusmanidar, Nurhayati, Adriwasti Masri, dan Eva Trisna Murni. Namun, dalam Muscab Pebriyanti Putri Sapari terpilih menjadi Ketua IBI Padangpariaman selanjutnya. (da.)

  • Bagikan