Rabu, 28 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Banjir Bandang Melanda Nagari Surian Solok, Dampaknya Sangat Parah

Banjir bandang akibat luapan Sungai Kayu Manang yang melanda Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, pada Rabu (20/12/2023). (Foto: BPBD Kabupaten Solok)
222 pembaca

Kabupaten Solok | Datiak.com – Banjir bandang melanda Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, pada Rabu (20/12/2023) sekitar pukul 18.00 WIB. Kejadian itu menggemparkan masyarakat di sana, terlebih di sekitar Batang Kayu Manang.

Dampak dari banjir bandang melanda Nagari Surian itupun sangat parah. Kerusakan terjadi di area pemukiman warga, termasuk putusnya beberapa jembatan. Lalu, lahan pertanian masyarakat banyak mengalami kerusakan.

Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Irwan Efendy, menjelaskan bahwa bencana itu terjadi menjelang Maghrib. “Saat ini kami masih merangkum informasinya,” ujar Irwan, saat dihubungi, Rabu (20/12/2023) malam.

Irwan belum dapat memastikan jumlah kerusakan materi yang disebabkan oleh banjir bandang melanda Nagari Surian itu. Namun, dari video laporan, terlihat bahwa ada jembatan yang putus akibat banjir tersebut.

“Yang jelas, memang ada beberapa hektare lahan pertanian warga terdampak, karena umumnya banyak yang menggarap lahan di pinggir sungai. Jumlah pastinya kami belum tahu,” ungkapnya.

Untuk penanganan dampak banjir tersebut, sambungnya, BPBD Kabupaten Solok telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Dinas Sosial.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Sumatra Barat, Rudy Rinaldy, menyampaikan bahwa meluapnya Batang Kayu Manang mengakibatkan rusaknya lahan pertanian, 6 unit jembatan rusak. Akses jalan nagari pun terganggu. Kerusakan juga dialami oleh pabrik tahu dan beberapa saluran irigasi.

”Untuk akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Solok-Solok Selatan dikabarkan lancar. Dampak keseluruhan masih dalam pendataan,” tukanya. (*)