Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Banjir Bandang di Nagari Surian, 2 Rumah Rusak Berat

Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Irwan Efendy, saat meninjau jembatan putus di Jorong Koto Tinggi, Nagari Surian, Kamis (21/12/2023). (Foto: BPBD Kabupaten Solok)
201 pembaca

Kabupaten Solok | Datiak.com – Banjir bandang di Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, pada Rabu (20/12/2023), menyebabkan sejumlah dampak signifikan. Dua unit rumah mengalami rusak berat, dan infrastruktur umum juga terdampak serius.

Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Irwan Efendy, pada Kamis (21/12/2023) mengatakan, “Ada dua unit rumah yang mengalami rusak berat karena lokasinya cukup dekat dengan Sungai Kayu Manang. Selain itu, ada 6 jembatan yang rusak.”

Dua unit rumah tersebut terletak di Leriangkandi Jorong Tambang, Nagari Surian, atas nama Yenti, yang mengalami rusak berat dan hanya tersisa satu kamar, serta rumah milik Yon yang mengalami rusak berat, dengan pondasi rumah yang tergerus.

Selain kerusakan rumah, beberapa fasilitas umum juga mengalami kerusakan, termasuk 6 jembatan yang menghubungkan antar jorong dan nagari, serta akses ke lahan pertanian.

Rinciannya meliputi 1 jembatan di Bagiek Jorong Koto Tinggi, 2 jembatan di Batu Panjang Jorong Koto Tinggi, dan 3 jembatan di Taluak Batuang Jorong Koto Tinggi.

Pabrik tahu juga mengalami kerusakan ringan, beberapa saluran irigasi rusak, dan puluhan hektar lahan pertanian terkena dampak banjir bandang di Nagari Surian. Selanjutnya, satu masjid tergenang lumpur, dan untuk pembersihan, diperlukan bantuan mobil Damkar.

Irwan Efendy menyampaikan bahwa alat berat di Kabupaten Solok telah diturunkan sesuai arahan bupati untuk membersihkan material akibat banjir, dan mobil Damkar juga disiagakan untuk membersihkan bangunan yang terkena lumpur.

Hingga pukul 16.30 WIB, kondisi Sungai Batang Kayu Manang terpantau sudah kembali normal. Namun cuaca yang berpotensi hujan kembali membuat masyarakat diminta tetap waspada.

Bupati Solok, Epyardi Asda, telah menugaskan dinas terkait untuk segera mendatangi lokasi banjir bandang di Nagari Surian. Ia meminta semua alat berat milik Pemkab untuk disiagakan di lokasi rawan longsor dan lokasi bencana saat ini.

“Kita harus bergerak cepat untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak, saya minta dinas terkait untuk maksimal dalam menangani bencana,” tegasnya. (*)