Antisipasi Corona Ciptakan Gelombang Baru

  • Bagikan
Wagub Sumbar Nasrul Abit saat menyerahkan bantuan APD di Sijunjung, Senin (31/8). Ia mengajak masyarakat ikut antisipasi corona menciptakan gelombang baru. (Foto: Humas)

Sijunjung | Datiak.com – Covid-19 atau virus corona kian mencemaskan di Sumatera Barat. Pasalnya, terkonfirmasi positif terus bertambah. Untuk itu, antisipasi corona menciptakan gelomba baru harus dilakukan. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, ketika mendistribusikan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD), di Kabupaten Sijunjung, Senin (31/8).

“Sebelum hal itu terjadi (gelombang baru virus corona, Red), kita harus antisipasi dini. Pemprov menyiapkan semaksimal mungkin sistem kesehatan, serta mendorong kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” ujar Nasrul didampingi Kalaksa BPBD Sumbar, Erman Rahman.

Memang, imbuhnya, instruksi pemerintah telah mengizinkan aktivitas masyarakat kembali berjalan seperti sedia kala. Termasuk di ruang-ruang publik. Namun, perlu diketahui bahawa pemerintah juga meminta protokol kesehatan benar-benar dijalankan.

BACA JUGA:  Pemerintahan Nagari Bisa Buat Kebijakan Tangani Corona

Menurutnya, kedisiplinan akan protokol kesehatan, kunci memutus pandemi Covid-19. Jadi, Nasrul mengimbau semua pihak bekerja sama saling bahu-membahu membasmi wabah tersebut. Sehingga, antisipasi corona menyebar bisa dilakukan secara maksimal.

“Kita tidak bisa anggap sepele virus corona ini. Kita harus mencegahkan dengan selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar, sering mencuci tangan, hindari keramaian dan menjaga jarak,” ajak Nasrul.

Sedangkan Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan, penyerahan APD merupakan salah satu program kerja Pemprov Sumbar dalam berkontribusi membantu masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Sebelumnya kami telah menyerahkan bantuan ke berbagai daerah di Sumbar. Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dan petugas medis dalam melaksanakan tugas penanganan Covid-19,” ungkap Erman Rahman.

BACA JUGA:  Klaster Perkantoran di Mentawai Semakin Mengkhawatirkan

Barang APD ini, katanya akan dibawa ke kantor BPBD untuk didistribusikan kembali ke setiap fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

Perkembangan Kasus

Data yang dihimpun Datiak.com dari situs Sumbar Tanggap Corona Senin (31/8), tercatat sebanyak 2.156 kasus positif. Beruntung, dari jumlah tersebut sebanyak 1.224 orang sudah dinyatakan sembuh atau negatif virus tersebut. Sedangkan pasien yang tidak dapat bertahan sehingga meninggal dunia sebanyak 56 orang.

Sekarang, terdapat 196 pasien yang masih menjalani perawatan, 508 orang pasien diisolasi mandiri, 25 pasien isolasi daerah, 52 pasien diisolasi di BPSDM, dan 95 pasien diisolasi di PPSDM. (da.)

  • Bagikan