Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Anggaran Seragam Sekolah di Solsel bakal Naik 100% Lebih

  • Bagikan
anggaran seragam sekolah di Solsel 2021
Bupati Solsel, Khairunas, saat pembagian seragam sekolah gratis tahap II secara simbolis, Sabtu (16/10/2021). (Foto: Pemkab Solsel)

Solok Selatan | Datiak.com – Anggaran seragam sekolah di Solsel (Solok Selatan) bakal ditingkatkan tahun 2022. Hal ini sebagai bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Solok, dalam meringankan kebutuhan pendidikan masyarakatnya. Yakni dengan menyediakan seragam sekolah gratis untuk peserta didik baru.

Seperti diketahui, di tahun 2021 Pemkab Solsel telah menganggarkan dari APBD sekitar Rp 1,1 miliar untuk program seragam gratis bagi murid baru SD dan pelajar SMP di Solsel. Dari anggaran seragam sekolah di Solsel tahun 2021 itu, terakomodir sebanyak 4.769 stel seragam sekolah.

Seragam itupun dibagikan secara gratis kepada peserta didik baru di SD dan SMP se-Solsel. Dari alokasi anggaran seragam sekolah di Solsel tahun ini, masing-masing siswa baru di SD dan SMP tersebut, menerima sepasang seragam harian dan pramuka.

“Realisasi program ini merupakan wujud komitmen dan kepedulian kita pemerintah daerah pada dunia pendidikan di Solok Selatan,” ujar Bupati Solsel, Khairunas, saat pembagian seragam sekolah gratis tahap II secara simbolis, Sabtu (16/10/2021).

Pendistribusian seragam secara simbolis dilaksanakan di SDN 02 Lubukmalako, Kecamatan Sangirjujuan, dan di SMPN 11 Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari. Khairunas berharap, penyaluran seragam secara simbolis dapat bermanfaat bagi siswa pada tahap II, dan membantu kelangsungan pendidikan di daerah.

Komitmen itu, lanjutnya, tertuang dalam visi dan misi pemerintahan Bupati Khairunas dan Wakil Bupati Yulian Efi. Diapun berharap program seragam bisa bermanfaat bagi masyarakat. Bagi peserta didik yang menerima seragam tersebut, Khairunas berpesan agar ada lebih termotivasi untuk berprestasi.

“Pesan kita siswa untuk dapat memacu prestasi di sekolah, rajin belajar, dan gantunglah cita-cita setinggi mungkin. Karena generasi penerus ditunggu Solok Selatan di masa yang akan datang untuk pengabdian bagi daerah,” paparnya.

Bupati juga mengungkapkan, tahun 2022 anggaran seragam sekolah di Solsel bakal ditingkatkan sekitar Rp 2,5 miliar. Sebab, seragam gratis tahun depan tidak saja diberikan untuk peserta didik baru di jenjang SD dan SMP, tetapi juga madrasah, SMA dan SMK di seluruh Solok Selatan.

“Pendidikan menjadi prioritas utama. Selain pemberian seragam gratis, Pemkab Solok Selatan juga melakukan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan melalui Program Sekolah Penggerak. Gunanya untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan,” beber Khairunas. (da.)

  • Bagikan