Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

8 Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Paling Ampuh, Cukup Pakai Bahan Dapur

68733 pembaca
Saluran air tersumbat tentu membuat kita mumet. Terlebih, penyumbatan terjadi pada sisi pipa yang sulit dijangkau. Nah, sekarang Anda tak perlu khawatir lagi. Sebab, ada cara atasi saluran air tersumbat tersebut.

BANYAK cara atasi saluran air tersumbat. Kebanyakan orang, menggunakan alat untuk menusuk saluran air. Misalnya dengan kayu, besi atau pipa yang lebih kecil dari saluran tersebut. Sebenarnya, tindakan menggunakan bahan keras sangat berisiko.

Setidaknya, risiko penggunaan alat keras dapat merusak saluran pipa di rumah anda, seperti pecah atau retak. Atau malah membuatnya makin tersumbat, lantaran alat pendorong tersangkut dalam saluran pipa rumah Anda tersebut.

Untuk itu, Anda bisa cara atasi saluran air tersumbat dengan menggunakan bahan-bahan dapur saja. Cara ini bisa Anda terapkan pada saluran pencuci piring atau kloset di rumah Anda. Bagaimana cara melakukannya? Anda bisa membaca sampai tuntas artikel ini.

1. Garam

8 Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Paling Ampuh 1

Meski kedengar aneh, cara atasi saluran air tersumbat satu dengan garam sebenarnya sudah banyak yang melakukan. Sebab, garam memiliki kadar keras yang dapat melunakkan partikel seperti lumut dan kotoran lainnya pada saluran air.

Caranya cukup rebus air sebanyak 2 liter, lalu larutkan 1/2 gelas garam ke air panas tersebut hingga cair. Setelah itu, tuangkan air ke dalam saluran pipa cucian melalui bak pencuri piring Anda. Lakukanlah hal ini beberapa kali hingga saluran pipa Anda benar-benar lancar.

2. Sabun Pencuci Piring

8 Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Paling Ampuh 2

Sabun pencuci piring juga dapat menanggulangi penyumbatan pipa air yang berasal dari lemak dan minyak. Untuk mempraktikkannya, cukup tuangkan sedikit sabun cair untuk pencuci piring di saluran yang tersumbat. Kemudian, alirkan air panas ke pipa melalui bak cuci piring Anda.

3. Baking Soda dan Cuka

8 Cara Atasi Saluran Air Tersumbat Paling Ampuh 3

Cara atasi saluran air tersumbat yaitu pakai baking soda dan cuka. Seperti diketahui, baking soda mengandung basa murni. Sedangkan cuka terdapat sifat asam. Jadi, penggunaan keduanya bakal bikin reaksi kimia bersifat gelembung yang baik sekali dalam atasi saluran air tersumbat.

Untuk melakukannya, Anda dapat memulai dengan tuang 1 cangkir baking soda ke saluran pembuangan air yang tersumbar. Lalu, siram menggunakan air panas sebanyak 2 cangkir. Setelah 5 menit, tuangkan kembali 1 cangkir baking soda. Selanjutnya 1 cangkir cuka.

Setelah itu, terjadi proses kimiawi, Anda siram larutan baking soda dan cuka itu dengan air panas. Lalukan ini hingga busa atau buih yang dihasilkan baking soda dan cuka habis.