Selasa, 20 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

5 Cara Menjernihkan Air Sumur Kuning: Terbukti Cukup Pakai Alat dan Bahan Dapur

90538 pembaca
Air satu diantara keperluan paling utama dalam kehidupan. Di  rumah, air sumur masih banyak digunakan. Meskipun kondisinya kuning, berminyak dan bau. Untuk itu, akan diulas bagaimana cara menjernihkan air sumur kuning dan bau dalam artikel ini.

TERDAPAT 5 cara menjernihkan air sumur kuning dan bau yang sederhana, namun hasilnya efektif. Bahan dan alat yang digunakan pun gampang didapatkan. Sebab, dominan dari alat dan bahan dapur saja. Hasilnya, air bersih tersedia di rumah bahkan layak diminum setelah direbus.

Untuk diketahui, air dengan kualitas yang baik harus memiliki warna bening dan tidak bau. Kalau kualitas air di dalam rumah buruk,seperti kuning dan bau, tentu saja tak layak digunakan. Jangankan untuk minum dan kebutuhan pencucian makanan, mandi pun bisa membuat tubuh gatal.

Kebanyakan, air sumur yang kuning dan berbau besi juga mengandung minyak. Sejumlah kawasan memiliki kualitas air sumur seperti ini. Namun, tahukah kamu apa penyebab air sumur kuning dan bau besi? Berikut penjelasannya:

Permasalahan Air Sumur Kuning dan Bau

Informasi yang dihimpun Datiak.com dari beberapa hasil penelitian, air sumur menjadi kuning dan bau karena berlebihnya senyawa zat besi dan persentase mangan. Kadang, senyawa itu bukan hanya membuat warna air sumur jadi kuning, tapi juga cokelat ke merah-merahan, seperti warna air berkarat.

Umumnya, saat keluar dari keran air terkesan jernih. Namun setelah mengendap, barulah tampak kondisi air yang kuning dan berbau besi. Air seperti ini tentunya sangat tidak layak untuk dikonsumsi. Jadi, perlu dilakukan proses penjernihan secara maksimal terlebih dahulu.

Tenang saja, cara menjernihkan air sumur kuning dan bau tidaklah sulit. Kamu pun tak perlu mengeluarkan biaya besar. Sebab, hal itu bisa dilakukan dengan peralatan dan bahan-bahan yang sangat sederhana. Apa saja itu?

1. Menggunakan Tawas

Cara Menjernihkan Air Sumur Kuning dan Bau 1

Tawas miliki bentuk yang hampir mirip dengan gula batu. Bedanya, tawas berupa gumpala dengan warna bening transparan. Menggunakan tawas menjadi salah satu cara menjernihkan air sumur kuning dan bau. Berikut langkah-langkahnya:

  • Persiapkan sebanyak 1 kg tawas, lalu campurkan ke dalam sebuah tempat (ember kecil) berisi air;

  • Selanjutnya, tuang larutan tawas tersebut ke dalam sumur yang memiliki masalah karena berwarna kuning dan bau besi;

  • Setelah melakukan itu, tunggu sekitar 1 jam. Apabila air sumur masih belum jenis, kamu bisa menambah penggunaan tawas.