Selasa, 12 Desember 2023

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

7 Film Indonesia yang Dilarang Tayang: Pemerannya Terkenal, Skor IMDb Tinggi

Ilustrasi film Indonesia yang tidak lulus sensor, sehingga dilarang tayang di Indonesia. (Foto: Tangkap Layar Trailer Something in the Way)
4507 pembaca

Dalam perkembangan industri film yang semakin maju, terdapat beberapa film Indonesia yang dilarang tayang di negeri sendiri. Kenapa begitu?

Terdapat 7 film Indonesia yang dilarang tayang di Tanah Air ini. Alasan pelarangan beragam, mulai dari konten yang dianggap sensitif, provokatif, hingga melanggar norma dan aturan yang berlaku di Indonesia.

Ke-7 film Indonesia yang dilarang tayang tersebut, didominasi oleh film-film Indonesia yang diproduksi tahun 20-an. Namun menariknya, film Indonesia yang dilarang tayang tersebut mendapatkan skor tinggi di IMDb. Kenapa demikia?


Untuk mendapatkan jawabannya, baca sampai tuntas tentang tujuh film Indonesia yang dilarang tayang tersebut, pada ulasan di bawah ini:

1. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

7 film indonesia yang dilarang tayang pemerannya te 1
Sumber Foto: Cover Film Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Film Indonesia yang dilarang tayang ini disutradarai oleh Garin Nugroho. Kehadirannya langsung memicu kontroversi hanya dari judulnya. Banyak yang menganggapnya terlalu eksplisit dalam menggambarkan hasrat seksual.

Kontroversi semakin memuncak ketika sinopsis resmi film ini mengungkapkan bahwa film drama ini berfokus pada kehidupan seorang penari lengger pria bernama Juno dan memiliki unsur LGBT yang kuat.

iklan paralax post

Namun film Indonesia yang dilarang tayang ini, ternyata sempat tayang sebentar di bioskop. Film ini langsung dilarang tayang di Indonesia, setelah munculnya banyak penolakan. Uniknya, film ini mendapat skor cukup tinggi di IMDb, yakni 7.4 dari 10.

2. The Look of Silence (2014)

7 film indonesia yang dilarang tayang pemerannya te 2
Sumber Foto: Cover Film The Look of Silence (2014)

Film dokumenter yang mendapa skor 8.3/10 di IMDb ini, garapan Joshua Oppenheimer. Ceritanya mengangkat tema “Pembataian di Indonesia pada tahun 1965-1966”, setelah gerakan G30S/PKI.

Film Indonesia yang dilarang tayang di Tanah Air ini, menceritakan sudut pandang seorang tukang kacamata bernama Adi, yang kakaknya menjadi korban pembantaian yang diduga terkait dengan PKI.

Karena tema yang sangat sensitif, film ini dilarang tayang di Indonesia. Meski begitu, film ini berhasil tayang di Festival Film Venice dan masuk nominasi Oscar untuk kategori Dokumenter Terbaik.

3. Something in the Way (2013)

Film Indonesia yang dilarang tayang berikutnya yaitu ditulis dan disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja. Film ini mendapat skor 6.7/10 di IMDb. Ceritanya tentang seorang sopir taksi bernama Ahmad (diperankan oleh Reza Rahadian) yang memiliki libido tinggi.

Bijaksanalah memberikan tanggapan. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *