Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Mentawai Alami Kekeringan, BPBD Distribusikan Air Bersih

Tim BPBD Mentawai saat menyalurkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat karena Mentawai alami kekeringan akibat kemarau dalam beberapa pekan terakhir. (Foto: Sabarial/Datiak.com)
354 pembaca

Mentawai | Datiak.com – Kabupaten Kepulauan Mentawai alami kekeringan beberapa pekan terakhir. Hal ini terjadi karena musim kemarau. Dampaknya, masyarakat kekurangan air bersih.

Menyikapi masalah ini, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai mengambil perlakuan dengan lakukan suplai air pada masyarakat yang alami kekurangan air bersih.

Kabid Kedaruratan dan Logistik DPBD Mentawai, Amir Ahmari, mengatakan bahwa tiap hari dua unit mobil bak air bersih dioperasionalkan, untuk layani keperluan air masyarakat.

“Terutamanya untuk kebutuhan masyarakat di Km 0 Tuapejat,” ungkap Amir kepada awak media, Kamis (7/4).

Sepanjang musim kemarau, sambungnya, banyak daerah di Kabupaten Kepulauan Mentawai alami kekeringan dan kritis air bersih. Tetapi, BPBD Mentawai terus berusaha memenuhi keperluan air masyarakat di tempat yang paling dekat.

“Dua unit mobil bak air bersih itu berisi 5000 liter. Tiap hari kita terus lakukan pembagian air untuk masyarakat Mentawai alami kekeringan,” tutur Amir.

Di Km 0 Tuapejat, sekarang ini terbanyak memerlukan air bersih dan alami kritis air paling kronis, karena sumur terus alami kekeringan. Sampai sekarang BPBD masih teratur salurkan air bersih ke sana.

“Dalam satu hari sekurang-kurangnya dua unit mobil bak air bersih dialokasikan ke wilayah yang memerlukan air bersih,” tukasnya. (da.)


Avatar photo