Iklan Melayang
Iklan Melayang

278 Hafiz di Padangpariaman Diberi Penghargaan

  • Bagikan
Bupati Padangpariaman didampingi Ketua Baznas, Kabag Kesra dan Kabag Komunikasi Pimpinan dan Protokol Padangpariaman, menyerahkan beasiswa penghargaan berupa uang tunai kepada perwakilan 278 Hafiz di Padangpariaman.
Foto: Humas Pemkab Padangpariaman
banner 468x60

Padangpariaman | Datiak.com – Bupati Padangpariaman menyerahkan penghargaan untuk 278 hafiz di Padangpariaman, hasil seleksi Gerakan Seribu Penghafal Alquran (Gebu Pafa). Penghargaan berupa uang tunai itu, diserahkan di Masjid Al Mughni Padangpariaman, Selasa (11/5).

Suhatri Bur menilai, Padangpariaman daerah pertama yang meluncurkan Gebu Pafa. Program itu hadir untuk mewujudkan visi-misinya. Yakni Mewujudkan Padangpariaman Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya.

banner 336x280

“Kita kan memiliki visi religius yang ditujukan untuk menjunjung tinggi norma-norma agama, berpegang teguh pada ajaran agama, dan menjadikan agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan menciptakan Gebu Pafa ini,” ujar Suhatri Bur.

Selain untuk medukung mencapai visi-misinya, lanjut Suhatri Bur, Gebu Pafa ditujukan untuk memotivasi terus lahirnya penghafal Al Quran di Padangpariaman. “Jumlah hafiz/hafizah kita yang sudah terdata dalam Gebu Pafa yaitu sebanyak 1.215 orang,” ungkapnya.

“Dan kali ini, sebanyak 278 hafiz di Padangpariaman mendapatkan bonus berupa santunan uang tunai,” imbuh Suhatri Bur.

Menambahkan, Kepala Bagian Kesra Setdakab Padangpariaman, Azwarman, menjelaskan bahwa program Gebu Pafa bekerja sama dengan Baznas Padangpariaman dan Bank Nagari, lalu salah seorang tokoh Padangpariaman, Mahyudin. “Baznas membantu Rp 65 juta, Bank Nagari Rp 10 juta dan bapak H. Mahyudin Rp 10 juta,” kata Azwarman.

“Gebu Pafa ini sebenarnya lanjutan program yang sudah kita gerakkan tahun sebelumnya. Alhamdulillah, target 1.000 hafiz/hafizah tahun ini berhasil tercapai. Semoga tahun 2022 lebih banyak lagi lahir hafiz dan hafizah di Padangpariaman lewat Gebu Pafa,” imbuh Azwarman.

Nilai penghargaan berupa uang tunai yang diserahkan, lanjutnya, Rp 200 ribu per masing-masing penghafal 1 juz. Jumlahnya sebanyak 231 orang hafiz/hafizah. Sedangkan untuk penghafal 5 juz Al Quran, diberi Rp 350 ribu per orang. “Hafiz/hafizah 5 juz yang mendapatkan reward ini sebanyak 34 orang,” tambahnya.

Lalu hafiz/hafizah 10 juz yang jumlahnya 12 orang, sambung Azwarman, mendapat bonus Rp 500 ribu per orangnya. Sementara itu, penghafal 20 juz Al Quran yang hadiahnya Rp 700 ribu, tidak ada satupun penerimanya. “Kalau hafiz 30 juz perimanya hanya 1 orang. Nilai hadiah yang diberikan yaitu Rp 1 juta,” tukas Azwarman.

Komitmen Baznas

Sedangkan Ketua Baznas Rahmat Tk. Sulaiman, mengatakan bahwa Baznas merupakan lembaga pemerintah non struktural. Di Padangpariaman, salah satu program Baznas yaitu Padangpariaman taqwa. Hal itu sesuai visi Bupati Padangpariaman yang religius dan berbudaya.

“Baznas akan terus mendorong lahirnya hafiz/hafizah di Padangpariaman. Salah satunya dengan berusaha meningkatkan jumlah bonusnya ke depan,” kata Rahmat. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan