Minggu, 25 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

141 Pengawas TPS di Kecamatan Lubuak Aluang Dilantik, Azwar: Harus juga Mencegah

Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin didampingi Ketua Panwascam Lubuak Aluang Arsyul Jufri dan Kimisioner Panwascam Lubuak Aluang, serta Camat Lubuak Aluang, Dion Franata, Ketua PPK Lubuak Aluang, Deki Erianto, dan Forkopimca Lubuak Aluang, usai pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Lubuak Aluang, Senin (22/1/2024). (Foto: Panwascam Lubuak Aluang)
174 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Sebanyak 141 Pengawas TPS di Kecamatan Lubuak Aluang dilantik oleh Ketua Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Lubuak Aluang, Arsyul Jufri, Senin (22/1/2024).

Pelantikan itu dihadiri Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin, Camat Lubuak Aluang, Dion Franata, dan Ketua PPK Lubuak Aluang, Deki Erianto, serta Forkopimca Lubuak Aluang.

Dalam kesempatan itu, Camat Lubuak Aluang, Dion Franata memberikan arahan, agar Pengawas TPS di Kecamatan Lubuak Aluang menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin nantinya. Sehingga, terwujud Pemilu 2024 yang damai dan berintegriktas di Lubuak Aluang.

“PTPS memiliki tugas untuk memastikan pelaksanaan pemilihan di TPS berjalan dengan benar. Jadi, selama kotak suara berada di TPS, itu menjadi tanggung jawab mereka,” ucap Dion.

141 pengawas tps di kecamatan lubuak aluang 1
Ketua Bawaslu Padang Pariaman Azwar Mardin, memberikan arahan jelang pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Lubuak Aluang, Senin (22/1/2024). (Foto: Panwascam Lubuak Aluang)

Untuk itu, selain tepat waktu datang ke TPS, ia menyarankan PTPS untuk benar-benar menjaga stamina. “Jangan sampai pusing dalam bertugas. Harus menjaga kesehatan dan terus berkoordinasi dengan PKD dan Panwascam jika terjadi apa-apa,” tukasnya.

Pesan serupa disampaikan oleh Ketua Bawaslu Padang Pariaman, Azwar Mardin. Katanya, Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) adalah ujung tombak. Dalam pelantikan PTPS yang berlangsung serentak dari pagi hingga siang kemarin, ia selalu menekankan pentingnya menjaga integritas dalam bertugas.

“PTPS tidak saja berperan mengawasi, tetapi harus juga mencegah potensi-potensi pelanggaran saat pemilihan di TPS,” tegas Azwar Mardin.

141 pengawas tps di kecamatan lubuak aluang 2
Camat Lubuak Aluang, Dion Franata, memberikan arahan kepada Pengawas TPS di Kecamatan Lubuak Aluang, jelang dilantik pada Senin (22/1/2024). (Foto: Panwascam Lubuak Aluang)

Sedangkan Ketua Panwascam Lubuak Aluang, Arsyul Jufri, melaporkan bahwa dalam seksi Pengawas TPS di Kecamatan Lubuak Aluang, sebanyak 153 orang yang mendaftar. Sedangkan yang lulus administrasi 151 orang.

“Setelah dilakukan tes wawancara, jumlah peserta yang lulus yaitu 141 orang. Dan itulah yang dilantik sebagai PTPS hari ini,” ungkapnya.

Kendati demikian, sambungnya, jumlah itu belum memenuhi kuota di Kecamatan Lubuak Aluang. Masih terdapat 3 TPS yang belum memiliki PTPS. Jadi, berdasarkan petunjuk teknis (juknis) dan timeline, rekrutmen untuk 3 TPS itu akan dilaksanakan pada Rabu (24/1). (*)