Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

10 Taman Nasional yang Unik: Menemukan Keindahan Alam yang Mengejutkan

Cappadocia, Turki salah satu tempat wisata paling unik di dunia yang dihiasi banyak balon terbang. (Foto: Pexels)
442 pembaca

5. Cappadocia, Turki

Meskipun bukan taman nasional dalam arti tradisional, lanskap unik Cappadocia patut disebutkan. Taman nasional alam ini menampilkan formasi batuan yang aneh dan ceroboh, dikenal sebagai “piring terbang” atau “kubah peri”.

Orang-orang Kuno menggali ruang-ruang di dalam batu untuk digunakan sebagai tempat tinggal dan gereja-gereja bawah tanah. Makanya Cappadocia dikategorikan sebagai taman nasional yang unik.

6. Torres del Paine National Park, Chili

Terletak di ujung selatan Chili, taman nasional ini menampilkan pemandangan gunung-gunung dan danau-danau yang memukau.

Salah satu pemandangan ikoniknya adalah tiga puncak granit yang menjulang tinggi, yang memberikan taman nasional ini namanya. Aktivitas hiking dan mendaki gunung sangat populer di sini.

7. Antelope Canyon, Amerika Serikat

Antelope Canyon, terletak di Arizona, adalah salah satu tempat paling mengagumkan di dunia. Corak pasir merah dan ombak cahaya matahari yang masuk menciptakan pemandangan unik dalam terowongan sempit ini.

Antelope Canyon terbagi menjadi dua bagian, yang lebih dikenal adalah Upper Antelope Canyon. Taman nasional yang unik ini, sangat banyak dikunjungi wisatawan.

8. Wadi Rum, Yordania

Juga dikenal sebagai “Lembah Bulan”, Wadi Rum adalah gurun pasir yang menakjubkan dengan formasi batuan merah yang mengagumkan. Taman nasional ini memiliki pemandangan gurun, tebing-tebing curam, dan reruntuhan bersejarah yang membuatnya tampak seperti dunia lain.

9. Kakadu National Park, Australia

Terletak di Northern Territory, taman nasional ini dikenal karena keanekaragaman hayati dan budaya asli yang kaya. Dari rawa-rawa air tawar hingga tebing berwarna-warni dan lukisan dinding aborigin, Kakadu National Park adalah tempat yang memadukan alam dan sejarah dengan indah.

10. Plitvice Lakes National Park, Kroasia

Dikenal sebagai taman nasional tertua di Tiongkok, taman ini memiliki kaskade air terjun yang memukau dan danau-danau kristal biru yang saling terhubung. Taman nasional ini adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Penutup

Setiap taman nasional di dunia memiliki daya tariknya sendiri. Tetapi, tempat-tempat yang disebutkan di atas benar-benar taman nasional yang unik dan menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

Dari tebing kapur yang menjulang hingga padang garam yang mengilap, setiap tempat ini merupakan peringatan akan keindahan dan keajaiban alam yang ada di seluruh dunia. (*)