Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Wisata Pantai Nagari Katapiang Ditanami 800 Pohon Cemara Laut

  • Bagikan
Operation Head PT Pertamina (Persero) DPPU Minangkabau, Edi Junaedi, saat menanam pohon cemara laut di kawasan pesisir wisata Pantai Nagari Katapiang, Senin (8/3). (Foto: Dok Pertamina)

Padangpariaman | Datiak.com – Sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian lingkungan, PT Pertamina (Persero) DPPU Minangkabau melakukan penanaman 800 pohon cemara laut di pesisir Pantai Katapiang, Senin (8/3). Penanaman pohon cemara laut itu juga bertujuan untuk pengembangan wisata pantai Nagari Katapiang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

Operation Head PT Pertamina (Persero) DPPU Minangkabau, Edi Junaedi mengatakan penanaman pohon cemara laut yang dilakukan tersebut sebagai upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan di sekitar pesisir Pantai Katapiang.

“Penanaman ini salah satu wujud kepedulian PT Pertamina (Persero) DPPU Minangkabau terhadap lingkungan, khususnya pesisir Pantai Katapiang,” ungkapnya, kemarin (8/3).

Ia juga mengatakan, pohon cemara laut ini memiliki banyak fungsi. Salah satunya untuk menyelamatkan daratan pantai dari ancaman abrasi. Selain itu, juga bisa menghijaukan daerah pesisir pantai dan membuatnya terasa asri. Sehingga, wisata Nagari Katapiang semakin diminati.

“Penanaman pohon cemara ini diharapkan juga bisa mempercantik pantai, sehingga mampu mendongkrak pariwisata di sepanjang pesisir Pantai Katapiang,” jelasnya.

Lebih lanjut, katanya selain program penanaman pohon cemara laut di pesisir Pantai Katapiang, juga dilakukan program pengembangan pantai wisata Nagari Katapiang dalam bentuk pembuatan panggung serbaguna dan sarana fasilitas umum MCK.

Di samping itu, Edi menjelaskan ada total Rp 250 juta CSR yang di berikan PT Pertamina (Persero) DPPU Minangkabau. Mulai dari anggaran penanaman pohon cemara di pesisir Pantai Katapiang Rp100 juta dan pengembangan wisata pantai Nagari Katapiang Rp150 juta.

“Mudah-mudahan bantuan CSR dari PT Pertamina (Persero) DPPU Minangkabau ini bisa menimbulkan actor ekonomis bagi masyarakat dan mudah mudahan bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” harapnya.

Pada kesempatan itu hadir, Ketua Pokdarwis Nagari Katapiang, Hardimus, Wali Nagari Katapiang, Alwis Jaya, Camat Batanganai, Suhardi, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Padangpariaman, Jon Kenedi dan Pucuk Adat Nagari Katapiang, Rajo Sampono. (da.)

  • Bagikan