Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Warga Australia Hilang di Desa yang Pernah Terdampak Tsunami

  • Bagikan
warga Australia hilang di Katiet
Tim Rescue Kantor SAR Mentawai saat melakukan pencarian turis asal Australia yang dilaporkan hilang, di kawasan Katiet, Desa Bosua, Sabtu (28/8/2021). (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Salah seorang warga Australia hilang di Mentawai, Sabtu (28/8/2021). Sampai sekarang, warga negara asing (WNA) bernama Shaun Stephen Daly tersebut, belum ditemukan oleh Tim Rescue Kantor SAR Mentawai. Hal itu dibenarkan oleh Kepala SAR Mentawai, Akmal.

Ia menjelaskan bahwa WNA berjenis kelamin laki-laki tersebut, terakhir dilaporkan menjalani aktivitas menombak ikan di perairan Pantai Selatan Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan. Kegiatan itu ia lakukan sendirian saja.

“Laporan tentang turis yang merupakan warga Australia itu, kita peroleh dari Dede Manalu, pemilik resort tempat turis tersebut menginap,” ujar Akmal, Minggu (29/8/2021).

Dari penjelasan Dede, lanjut Akmal, Shaun pergi menombak ikan di laut sekitar pukul 11.00 WIB. Ia pergi tanpa membawa pelampung. Pihak resort mulai waspada, ketika Shaun kunjung kembali pukul 16:00 WIB.

BACA JUGA:  Jalan di Jorong Buluahkasok Akhirnya Terban 40 Meter

“Pihak resort sempat melakukan pencarian warga Autralia itu menggunakan speedboat. Hanya saja, usaha itu tidak membuahkan hasil (Shaun tidak ditemukan, Red),” ungkap Akmal.

SAR Terima Laporan Hilangnya Seorang Warga Australia

Setelah usaha melakukan pencarian tidak membuahi hasil, pihak resort memutuskan menghubungi Kantor SAR Nasional Mentawai, untuk melaporkan peristiwa tersebut. Minggu (29/8/2021) pukul 06:00 WIB, Tim Rescue Kantor SAR Mentawai langsung menuju lokasi untuk melakukan penyisiran.

“Pencarian itu turut melibatkan TNI/Polri, BPBD, kelompok siaga bencana (KSB) dan masyarakat setempat. Sampai sekarang, pencarian belum membuahkan hasil,” tukasnya.

Seperti diketahui, informasi yang dikumpulkan Datiak.com, Katiet salah satu dusun di Desa Bosua yang sangat diminati oleh turis mancanegara. Khususnya pecinta olahraga berselancar (surfing). Sebab, ombak yang besar di perairan desa itu, mampu memenuhi kebutuhan para peselancar.

BACA JUGA:  Longsor di Kabupaten Solok Melanda Sejumlah Nagari

Namun, perlu diketahui pula bahwa Katiet yang berada di ujung Selatan Pulau Sipora, menjadi tempat berlabuh gelombang dari Samudera India. Bahkan, di tahun 2011 lalu, Desa Bosua turut terdampak bencana tsunami Mentawai. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan