Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Wali Nagari dan Bamus Mesti Bersinergi Dalam Jalankan Program Pembangunan

Pelaksanaan pengukuhan anggota Bamus di Kecamatan Batang Anai. (Diskominfo Padang Pariaman for DatiakFoto)
497 pembaca

Padang Pariaman | Datiak.com – Wali nagari dan Bamus harus bersinergi dalam bekerja membangun nagari. Hal itu disampaikan Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, saat menghadiri pengangkatan anggota Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Nagari Sungai Buluh Utara, Kecamatan Batang Anai.

Suhatri Bur mengucapkan selamat ke anggota Bamus yang barusan diangkat. Ia sampaikan sejumlah hal utama yang perlu diprogramkan oleh Bamus dalam menolong wali nagari buat pembangunan nagari.

“Wali nagari dan Bamus mesti bersinergi dalam jalankan sejumlah program pembangunan, dan pertalian ke-2 nya mesti nampak selaras dan sama sama memberikan dukungan,” pungkasnya.

Lantas Suhatri Bur mengharap ke anggota Bamus yang diangkat buat lekas membuat ketentuan berkaitan penertiban warga. Supaya kehidupan bermasyarakat bisa tertib dengan bagus dan terukur. Maka dari itu, terbentuk ketenteraman dan kenyamanan di kehidupan bermasyarakat.

Ia memandang bermacam penomena sosial yang berlangsung beberapa terakhir di Padang Pariaman. Ia mengonfirmasi, adanya sangkaan Pemkab Padang Pariaman tak tanggapan, tak perduli dengan warga. Padahal, Pemkab Padang Pariaman sudah mempunyai perda dan perbup perihal keramaian dan hiburan.

“Pemerintahan telah atur demikian rupa, ada perda dan perbup-nya. Akan tetapi segalanya itu pastinya perlu pemantauan kita di pemerintahan dan para tokoh di nagari, pemanduan warga itu memang semestinya kita melakukan bersama,” ucap Suhatri Bur.

Ia menganjurkan ke wali nagari dan Bamus supaya tak  takut membentuk aturan berkaitan keamanan dan keselamatan warga. Ia pun berpesan agar kembali dihadirkannya wirid remaja, ramaikan musala dan masjid dengan salat berjemaah.

“Beberapa nilai agama mesti ditanamkan di tengah warga. Hal demikian segera dapat jadi benteng dalam kehidupan yang spiritual sesuai misi Padang Pariaman Berjaya,” tukasnya. (da.)