Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Wajib Swab Masuk Mentawai Masih Berlaku

  • Bagikan
Wajib Swab Masuk Mentawai Masih Berlaku
Foto: Istimewa

Mentawai | Datiak.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai masih memberlakukan wajib swab masuk Mentawai. Artinya, hanya pengunjung yang sudah melakukan tes swab yang bisa menapakkan kaki di Bumi Sikerei tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, usai mengikuti rapat koordinasi penanganan Covid-19.

Pantauan Datiak.com, sebelumnya rapat koordinasi penanganan Covid-19, langsung dipimpin oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet. Tampak hadiri dalam rapat Wakil Bupati Kepualauan Mentawai, Kortanius Sabeleake, Dandim 0319/Mentawai Letkol Bagus Mardiyanto, Danlanal Letkol P. Sirait, Wakapolres Kepulauan Mentawai, Kompol Bresman Simanjuntak, Sekdakab Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan, dan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Kepulauan Mentawai.

Lamhmuddin menjelaskan, per 1 Januari sampai 17 April 2021, posko yang dibentuk Pemkab Kepulauan Mentawai di Azizi Padang, sudah mengumpulkan sebanyak 6.994. Dari hasil tes, 107 orang di antaranya dinyatakan positif Covid-19. “Itu sampel-sampel orang yang ingin masuk Mentawai atau warga Mentawai yang kini di luar hendak pulang kampung,” ujarnya saat diwancarai di Aula Setdakab Kepulauan Mentawai.

BACA JUGA:  Bursa Capres 2024 PKS IP-Buya, Andre: Warga Mau Prabowo

Untuk itu, imbuhnya, Pemkab Kepulauan Mentawai belum bisa memberikan kerenggangan soal swab. Artinya, setiap orang wajib swab masuk Mentawai. Hal ini guna mencegah melonjaknya kasus Covid-19 di sana. “Per 17 April 2021, di Sumbar terjadi penambahan kasus positif sebanyak 208 orang. 15 orang di antaranya berasal dari Kepulauan Mentawai,” ungkap Lahmuddin.

Sehingga, katanya total kasus positif di Kepulauan Mentawai otomatis bertambah. Per 19 Maret samapi 17 April 2021, tercatat sebanyak 583 orang. Untungnya, angka kesembuhan masih tinggi. Yakni 90,39 persen, atau sebanyak 527 orang dari total pasien terkonfirmasi positif itu.

“Sekarang pasien yang dalam perawatan atau isolasi sebanyak 55 orang. Yakni 37 orang di RSUD, 1 orang di RS Pratama, 3 orang di Puskesmas Sikakap, 6 orang menjalani isolasi mandiri di Sipora, 8 orang diisolasi mandiri di Padang,” paparnya.

BACA JUGA:  Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Penanganan Covid-19 di Sumbar

Untuk itu, Lahmuddin mengajak masyarakat Kepualauan Mentawai agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Termasuk bagi individu yang sudah mengikuti vaksinasi. “Kita menyediakan posko swab test/PCR gratis. Termasuk di Kota Padang, setiap orang wajib swab masuk Mentawai,” ucapnya. (da.)

  • Bagikan