Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Visi Padangpariaman Religius, PKS Minta Riil Programnya

  • Bagikan
visi Padangpariaman religius 2021
Jon Hendri saat menyerahkan dokumen pandangan Fraksi PKS kepada Ketua DPRD Arwinsyah disaksikan 2 Wakil Ketua DPRD, Aprinaldi dan Risdianto, serta Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Visi Padangpariaman religius yang diusung Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, masuk ke dalam pandangan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Padangpariaman. Menurut Fraksi PKS, visi itu harus dibuktikan dengan penerapan program yang riil atau nyata.

Hal itu disampaikan Jon Hendri ketika membacakan pandangan Fraksi PKS dalam Paripurna KUA-PPAS Perubahan Padangpariaman tahun 2021. “Visi Padangpariaman religius sangat kami dukung. Makanya, kami dari Fraksi PKS mendorong Pemkab Padangpariaman membuat program yang riil terkait visi itu,” kata Jon Hendri.

Program rill untuk visi Padangpariaman religius yang dimaksudnya, yaitu harus terlihat di tingkat nagari dan kecamatan di Padangpariaman. Misalnya dengan membangun 1 MDA atau 1 rumah tahfiz di setiap nagari, lalu membentuk lembaga didikan subuh di setiap nagari,” ujar Jon Hendri.

BACA JUGA:  Sopir Taksi dari BIM Sesak Nafas

Selain itu, program nyata lainnya yaitu menurut Fraksi PKS bisa menjadi bukti dari visi Padangpariaman religius, yaitu dengan membuat program untuk mencetak dan mengakomodir para dai hingga guru mengaji. “Pendanaannya bisa saja di tingkat nagari hingga menggunakan APBD. Kita sangat mendukung dan mendorong itu,” tukas Hendri.

Program Suhatri Bur-Rahmang untuk Visi Padangpariaman Religius

Informasi yang dihimpun Datiak.com dari dokumen visi-misi Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, tampaknya sudah mengakomodir seluruh usulan Fraksi PKS Padangpariaman tersebut. Sebab, dalam dokumen itu dijelaskan seluruh visi Padangpariaman religius. Yakni untuk mewujudkan kondisi masyarakat yang menjunjung tinggi norma-norma agama, berpegang teguh pada ajaran agama, dan menjadikan agama sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:  Tunjangan Rumah DPRD Payakumbuh Naik, 1 Fraksi Menolak

Indikator wujud pencapaian sasaran strategis visi Padangpariaman religius tersebut, yaitu dengan menumbuh kembangkan lembaga pendidikan agama dan pondok Al Quran, semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang mampu baca dan tulis Al Quran, terlaksananya pencerahan dan pemahaman agama dan adat, dan meningkatkan peran kelembagaan pendidikan agama di nagari.

Lebih jelasnya tertuang dalam poin 1 Tabel Hubungan antara Visi, Agenda, dan Prioritas Program Pembangunan visi-misi Suhatri Bur-Rahmang tersebut. Yakni, misinya meningkatkan kehidupan beragama berdasarkan falsafah adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah serta memelihara kerukunan, ketenteraman dan ketertiban.

Sedangkan agendanya yaitu berupa peningkatan kualitas kehidupan beragama, dan peningkatan kerukunan umat beragama, keternteraman dan ketertiban. Lalu, prioritas programnya berupa peningkatan sarana dan prasarana peribadatan, revitalisasi lembaga pendidikan Islam, peningkatan saranan pendidikan keagamaan berbasis nagari, peningkatan tata kehidupan berbasis syariah, peningkatan dana yang bersumber dari zakat, dan peningkatan kesadaran dan kerukunan umat beragama. (da.)


BACA JUGA:  SatpolPP Padang Bongkar Lapak Pedagang Kaki Lima

Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan