Iklan Melayang
Iklan Melayang

Virus Corona Tuntut Pemerintah Digitalisasi

  • Bagikan
banner 468x60
UJI%2BAPLIKASI
KEPALA Diskominfo Zahirman serta Kabag Humas dan Protokol Padangpariaman, Anton Wira Tanjung saat uji penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meeting. (Foto: Humas Padangpariaman)

Padangpariaman – Pandemi covid-19 atau virus corona kian menghantui. Setelah mengalihkan pembelajar dari sekolah ke rumah, Pemerintah Kabupaten Padangpariamanbersiap-siap untuk bekerja di rumah. Namun, pelaksanaan sistem pemerintahan dipastikan tetap berjalan normal. Caranya dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Uji penggunaan aplikasi video call tersebut dilakukan oleh Tim Penanggung Jawab Penerapan Information Technology (IT) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Padangpariaman, Selasa (24/3). Yakni Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Bagian Humas dan Protokol Padangpariaman.

Uji coba itu dilaksanakan pihaknya menggunakan sepuluh akun. Hasilnya, aplikasi Zoom Cloud Meetingberjalan dengan baik. Kendati demikian, Diskominfo Padangpariaman belum dapat memastikan apakah hal sama terjadi saat dilakukan uji massal.

“Aplikasi ini bisa digunakan untuk seribu akun secara bersamaan. Namun kita belum bisa pastikan kebenarannya, karena kita belum mencoba penggunaan lebih dari 10 akun,” ujar Kepala Diskominfo Padangpariaman, Zahirman.

BACA JUGA: Masyarakat Harus Ikut Kawal Edaran Bupati

Kini, imbuh Zahirman, pihaknya masih dalam tahapan pengenalan dan penginstalan Zoom Cloud Meeting. Selain itu, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Padangpariaman juga masih dalam proses pembuatan email.

“Rencananya aplikasi Zoom Cloud Meeting ini akan kita uji coba secara missal pada Kamis (26/3). Mudah-mudahan berjalan dengan baik sesuai harapan kita,” harapnya.

Zahirman membenarkan bahwa persiapan penggunaan Zoom Cloud Meeting tersebut, bentuk kesiagaan pihaknya apabila keadaan semakin memburuk karena virus corona. Jadi, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Padangpariaman akan tetap menjalankan tugasnya di rumahnya.

“Kita berharap aplikasi ini bisa menjadi solusi agar sistem pemerintahan kita tetap berjalan dengan lancer di tengah pandemi covid-19 ini,” ujar Zahirman.

Selain Zoom Cloud Meeting, kata Zahirman sebenarnya ada aplikasi sejenis akan dicoba pihaknya nantinya. Namun, sejauh ini pihaknya menilai Zoom Cloud Meeting lebih sederhana penggunaannya.

“Kita mencari referensi aplikasi lain, sehingga kita memiliki banyak opsi untuk digunakan, apabila Zoom Cloud Meeting ada kendala nantinya,” hemat Zahirman.

Zahirman juga menjelaskan bahwa Pemkab Padangpariaman turut menerapkan tanda tangan elektronik nantinya. Sehingga, pelayanan administrasi tetap berjalan normal dan cepat. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan