Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Vaksinasi Tahap 3 di Mentawai Pakai Vaksin Amerika Serikat

  • Bagikan
Pelaksanaan vaksinasi tahap 3 di Mentawai
Pelaksanaan vaksinasi tahap 3 di Mentawai khusus kalangan tenaga kesehatan dan pekerja di rumah sakit hingga puskesmas. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Vaksinasi tahap 3 di Mentawai sudah mulai dilaksanakan. Sasarannya mulai dari kalangan tenaga kesehatan hingga masyarakat di Bumi Sikerei tersebut. Vaksin yang digunakan yaitu vaksin Covid-19 merek Moderna buatan Amerika Serikat (AS). Hanya saja, realisasi vaksi itu lebih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan terlebih dahulu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, membenarkan bahwa pada pelaksanaan vaksinasi tahap 3 di Mentawai, tenaga kesehatan mendapat vaksin khusus guna meningkatkan imunitasnya. Yakni disuntik vaksin Moderna yang diproduksi oleh Amerika Serikat.

“Yang jelas, tahap ketiga ini prioritas penggunaan vaksin Moderna kita untuk tenaga kesehatan. Jika sudah selesai di klaster tenaga kesehatan, baru kita ke klaster umum atau masyarakat,” ungkap Lahmuddin, kemarin (22/8/2021).

Kendati demikian, dia menjelaskan bahwa pemberian vaksin Moderna pada pelaksanaan vaksinasi tahap 3 di Mentawai tersebut, bukan dilakukan secara merata. Namun, berdasarkan riwayat vaksinasi tahap 1 dan 2. “Artinya, yang diberi vaksin Moderna ini, hanya orang-orang yang juga divaksin Moderna di tahap 1 dan 2,” ucapnya.

BACA JUGA:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, ASN Mentawai Wajib Swab

“Kalau yang tidak, seperti pengguna vaksin Covid-19 merek Sinovac pada tahap 1 dan 2, bakal diberi vaksin Sinovac juga di tahap ketiga vaksinasi ini,” imbuh Lahmuddin.

Sekarang, imbunya, stok vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan di Kepulauan Mentawai, tersedia sebanyak 190 vial. “Jumlah vaksin itu dikhususkan untuk 1.290 orang tenaga kesehatan kita, beserta para pekerja rumah sakit hingga puskesmas di Mentawai yang sudah divaksinasi tahap 1 dan 2,” paparnya.

Sedangkan stok vaksin Moderna yang tersedia untuk vaksinasi tahap 3 masyarakat Mentawai, sebanyak 70 vial. Jumlah vaksi itu hanya mampu mengakomodir 700 orang masyarakat Mentawai yang menggunakan vaksin Moderna, saat vaksinasi tahap 1 dan 2.

“Jadi 1 vial vaksin Moderna itu hanya untuk 10 suntikan. Makanya, pada vaksinasi tahap 3 di Mentawai ini, khusus umum atau masyarakat kita prioritaskan dahulu warga dengan usia minimal 18  tahun,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Antisipasi Stunting di Agam, Pemerintah Kucurkan Rp 1 Miliar
Vaksinasi Tahap 3 di Mentawai Tetap Lanjut

Dilaksanakannya vaksinasi tahap 3 di Mentawai, bukan berati vaksinasi tahap 1 dan 2 sudah dilakukan secara merata. Hal itu diakui oleh Lahmuddin Siregar. Katanya, vaksinasi tahap 1 di Mentawai capaiannya baru di angka 25,4 persen per 19 Agustus 2021. Sedangkan capaian vaksinasi tahap 2 itu baru 12,57 persen.

“Kalau jumlah orangnya, vaksinasi tahap 1 diikuti sebanyak 18.901 orang. Itu data 19 Agustus 2021. Kalau tahap 2 baru diikuti sebanyak 9.357 orang,” beber Lahmuddin.

Untuk itu, Lahmuddin mengimbau kepada seluruh pihak dan masyarakat yang sudah divaksin tahap 1 dan 2, bisa mengikuti vaksinasi tahap selanjutnya. Sehingga, Mentawai bisa terlindungi dari paparan Covid-19.

Sedangkan bagi yang sudah vaksinasi tahap 3 di Mentawai, ia tetap mengingatkan untuk patuh protokol kesehatan. Terlebih yang belum mengikuti vaksinasi. “Vaksinasi itu gunanya untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kalau protokol kesehatan itu menjaga kita agar tetap hidup bersih dan waspada terhadap ancaman virus,” tukas Lahmuddin.

BACA JUGA:  Perda AKB Sumbar Memuat Sanksi Penjara dan Denda

Kasus Covid-19 di Mentawai

Mengutip rilis harian Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat di website resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dilaporkan bahwa dalam tiga hari terus bertambah positif Covid-19 di Kepulauan Mentawai. Sebaliknya, dalam tiga hari tersebut dilaporkan tidak ada pasien positif di sana yang sembuh.

Pada Jumat (20/8/2021), terdapat 4 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Begitupun pada Sabtu (21/8/2021). Sedangkan Minggu (22/8/2021), jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di sana melonjak drastis, yakni sebanyak 19 orang. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan