Vaksinasi Covid-19 di Mentawai, Tinggal Sasar Masyarakat

  • Bagikan
vaksinasi Covid-19 di Mentawai
Salah satu lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Mentawai yang diikuti masyarakat di sana secara antusias. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Vaksinasi Covid-19 di Mentawai terus dikebut oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sehingga, seluruh masyarakat Bumi Sikerei itu bisa mendapatkan kekebalan tubuh di masa pandemi virus corona ini. Harapannya, tentu bisa cepat menjalani masa-masa normal atau layaknya sebelum pandemi.

Mekasimalkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Mentawai, diyakini juga menjadi kunci utama pemulihan ekonomi daerah kepulauan satu-satunya di Sumatera Barat tersebut. Sebab, mobilitas di masyarakat bisa berjalan lebih lancar.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, menjelaskan bahwa jumlah sasaran vaksinasi Covid-19 di Mentawai sebanyak 74 ribu orang. Sampai saat ini, jumlah yang sudah divaksinasi di sana sebanyak 13.570 ribu orang atau 17,55 persen pada tahap pertama.

BACA JUGA:  PAN Bulat Usung Ali Mukhni Maju di Pilgub Sumbar

Sedangkan di tahap kedua, lanjutnya, capaian vaksinasi yaitu sebanyak 6.215 orang atau 8,35 persen dari total sasaran vaksinasi. Katanya, vaksinasi yang dilaksanakan sudah sampai hingga ke pelosok Kepulauan Mentawai. Jumlah realisasinya mencapai 19.272 ribu dosis atau 25,9 persen.

“Hanya saja, belum semua tersentuh karena stok vaksin juga terbatas,” ungkap Lahmuddin Siregar saat menyampaiakn data capaian vaksinasi tahap pertama dan kedua di Kepulauan Mentawai, kepada awak media pada Selasa (20/7/2021).

Sinergisitas Vaksinasi Covid-19 di Mentawai

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Mentawai, tambah Lahmuddin Siregar, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai bekerja sama dengan Kodim dan Polres. Sehingga, program vaksinasi yang kini menjadi prioritas pemerintah, dapat berlangsung dengan baik di sana.

BACA JUGA:  Dihantam Badai, Nelayan Hilang di Laut Siberut

“Setidaknya kita menargetkan capaian vaksinasi di Mentawai bisa 80 persen. Semua itu tentunya juga tergantung pada ketersediaan vaksin Covid-19 tersebut,” hematnya.

Sebab, dia mengakui bahwa stok vaksin Covid-19 di Kepulauan Mentawai masih terbatas. Sehingga, pelaksanaan vaksinasi pun dilakukan secara bertahap di sana, setiap kali stok vaksin tersedia di sana. “Pas vaksin datang, kita langsung realisasikan karena antusias masyarakat juga tinggi,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa sasaran vaksinasi Covid-19 di Mentawai tinggal kalangan masyarakat. Pasalnya, unsur pemerintahan di sana seluruhnya sudah divaksinasi terlebih dahulu. Mulai dari pegawai pemerintahan atau PNS, tenaga kesehatan, para guru, TNI-Polri.

“Jadi, sekarang sasaran vaksinasi di daerah kita tinggal kalangan publik. Mulai dari yang berusia remaja hingga lansia. Usia di atas 12 tahun juga masuk dalam kategori peserta vaksinasi ya,” paparnya.

BACA JUGA:  MF Gagal Membegal Motor Anak di Bawah Umur

Lahmuddin Siregar menilai bahwa upaya percepatan vaksinasi adalah tanggung jawab bersama. Jadi, ia berharap masyarakat memberikan dukungan penuh. Sehingga, pemutusan rantai penyebaran Covid-19 dapat dilakukan secara tuntas.

“Semoga pandemi ini berakhir dengan cepat. Semua tentunya berkat dukungan dan doa masyarakat terhadap segala upaya yang kini dilakukan oleh pemerintah,” tukasnya. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan