Iklan Melayang
Iklan Melayang

Vaksinasi Corona di Payakumbuh Diusulkan untuk 1.084 Orang

  • Bagikan
Kadinkes Payakumbuh Bakhrizal mengungkapkan bahwa vaksinasi corona di Payakumbuh diusulkan untuk 1.084 orang tenaga medis. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Payakumbuh | Datiak.com – Pemko Payakumbuh mengusulkan kebutuhan vaksinasi corona di Payakumbuh yaitu untuk 1.084 orang. Jumlah itu berdasarkan banyak tenaga kesehatan yang ada di sana. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh, Bakhrizal.

“Betul, berdasarkan instruksi pusat setelah kita telekonferensi dengan Kementrian Dalam Negari yang juga dihadari oleh Kementerian Kesehatan dan BNPB, kita tetap akan melakukan vaksinasi untuk mencegah Covid-19 di Indonesia,” ungkap Bakhrizal, kemarin.

banner 336x280

Secara nasional, imbuhnya, keputusan vaksinasi pencegahan Covid-19 diutamakan kepada tenaga kesehatan terlebih dahulu. “Kawan-kawan tenaga kesehatan adalah orang-orang yang sangat berpotensi tertular, makanya diprioritaskan mendaptkan imunisasi Covid-19 ini,” hematnya.

Setelah itu, lanjutnya, secara bertahap vaksinasi bakal dilakukan serentak dari pusat. “Kalau tidak salah tanggal 13 Januari 2021 ini. Mulai dari presiden, gubernur, serta pejabat daerah kabupaten/kota akan mengikutinya (vaksinasi, Red),” ungkapnya.

Di Payakumbuh, katanya pelaksanaannya tinggal menunggu instruksi pemerintah pusat. Pihaknya juga menunggu prosedur tetap (protap) pelaksanaan vaksinasi dari pusat. “Dalam protap itu kan nada petunjuk cara penyimpanan vaksin, pendistribusian vaksin sampai dengan teknik penyuntikan kepada yang divaksin,” ungkapnya.

1.084 orang yang terdata untuk vaksinasi corona di Payakumbuh, terdiri dari tenaga medis Pemko Payakumbuh. Baik di dinas, puskesmas ataupun RSUD. Selebihnya dari rumah sakit ataupun klinik swasta. “Setelah tenaga kesehatan, vaksinasi akan dilanjutkan ke pejabat-pejabat publik, seperti TNI/Polri, Satgas, ASN atau guru-guru sekolah,” tuturnya.

“Di Payakumbuh kini terdata sebanyak 593 personel TNI dan 362 personil Polri. Sedangkan Satgas yang ada di RT serta RW sekitar 450 orang,” tambahnya.

Pemko Payakumbuh juga sudah menyiapkan puskesmas dan rumah sakit untuk penyimpanan vaksin. “Tenaga medis yang akan memberikan vaksin sudah kita siapkan. Mereka yang biasanya memberikan imuniasi. Nanti mereka akan diberi pembekalan lagi,” paparnya.

Sedangkan tempat pelaksanaan vaksinasi, tambahnya, bakal digelar di seluruh Puskemas, rumah sakit, serta klinik yang ada di Payakumbuh. “Usai melakukan vaksinasi nanti, kita memastikan bakal memantau kejadian pasca imunisasi. Hal itu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan