Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Udara Panas Dalam Rumah, Ada 10 Cara Mudah dan Praktis Mengatasinya

Ilustrasi seorang wanita yang merasa gerah karena suasana dalam rumah yang panas. (Foto: Ist)
324 pembaca

5. Kurangi Penggunaan Alat Elektronik

Alat elektronik, seperti komputer dan lampu, dapat menghasilkan panas yang signifikan. Cobalah untuk menghindari penggunaan alat-alat ini jika tidak diperlukan, terutama saat suhu di dalam rumah sudah cukup tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan penggunaan lampu LED yang lebih efisien dan menghasilkan panas lebih sedikit.

6. Gunakan Bahan Pelindung

Menggunakan bahan pelindung seperti insulasi atau cat berinsulasi dapat membantu menjaga suhu di dalam rumah tetap stabil. Insulasi dinding dan plafon membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah pada musim panas dan menjaga suhu tetap hangat pada musim dingin.

Cat berinsulasi adalah alternatif yang lebih terjangkau yang juga bisa membantu meningkatkan efisiensi energi di rumah Anda.

7. Gunakan Tanaman Indoor

Tanaman indoor tidak hanya memberikan sentuhan dekoratif pada rumah Anda, tetapi juga dapat membantu mengurangi panas.

Tanaman mengeluarkan uap air saat bernapas, yang bisa membantu mendinginkan udara di sekitarnya. Beberapa tanaman yang baik untuk mengatasi udara panas dalam rumah termasuk lidah mertua, palem areca, dan pakis Boston.

8. Hindari Memasak di Siang Hari

Memasak di siang hari bisa membuat suhu di dalam rumah meningkat secara signifikan. Untuk menghindari peningkatan suhu yang tidak diinginkan, cobalah untuk memasak pada pagi atau malam hari ketika udara lebih sejuk.

Selain itu, menggunakan peralatan memasak seperti oven dan kompor listrik juga akan menghasilkan panas, jadi gunakanlah dengan bijak.

9. Rutin Periksa Kualitas Isolasi Rumah

Memastikan bahwa rumah Anda memiliki isolasi yang baik adalah langkah penting dalam mengatasi udara panas. Periksa pintu dan jendela apakah ada kebocoran udara, serta pastikan ada cukup insulasi di dinding dan atap rumah Anda. Jika isolasi rumah Anda buruk, pertimbangkan untuk menggantinya atau meningkatkannya.

10. Gunakan Air Conditioner Portabel

Jika Anda tidak memiliki AC tetap, Anda bisa menggunakan AC portabel sebagai alternatif. AC portabel mudah dipasang dan bisa digunakan di berbagai ruangan. Meskipun mungkin tidak seefisien AC tetap, AC portabel tetap dapat membantu menurunkan suhu di dalam rumah.

Penutup

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengatasi udara panas dalam rumah Anda secara praktis dan ampuh. Memastikan rumah Anda tetap nyaman dan sejuk adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan Anda, terutama selama musim panas yang panas. (*)