Tuan Rumah MTQ Nasional Fokus Penanganan Medis dan Keamanan

  • Bagikan
Suasana Stadion Utama Sumbar yang berada di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padangpriaman. Padangpariaman menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-28, karena stadion ini bakal dijadikan tempat pembukaannya. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Penyelenggaraan MTQ Nasional ke-28 tinggal 9 hari lagi. Persiapan event agama Islam itu tentunya menjadi perhatian. Khususnya yang kini dilakukan Pemkab Padangpariaman selaku tuan rumah MTQ nasional tersebut.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Azwarman mengatakan pihaknya sudah melakukan pembahasan terkait pelaksanaan MTQ Nasional ke-28, Senin (2/11). Dan menghadirkan seluruh OPD dan pihak terkait Pemprov Sumbar.

“Setelah kita koordinasi tadi (2/11), tanggung jawab kita pada pembukaan MTQ Nasional nanti yaitu menyangkut medis, keamanan dan pengaturan akses,” ujar Azwarman ketika dihubungi via telepon pribadinya, kemarin (2/11).

Jadi, imbuhnya, dinas yang menyangkut medis, keamanan dan pengaturan akses, akan berkoordinasi langsung dengan panitian yang dibentuk di provinsi. Misalnya Dinas Kesehatan, SatpolPP Damkar, dan Perhubungan, akan rutin mengikuti rapat bersama panitia di tingkat provinsi.

BACA JUGA:  Atika Mahwu jadi Putri Muslimah Persahabatan Nusantara 2021

“Kalau kita kan tidak masuk dalam struktur panitia. Jadi dinas-dinas kita yang terlibat, langsung koordinasi dengan panitia yang dibentuk provinsi,” ungkapnya.

Menyangkut persiapan infratruktur, Azwarman menjelaskan tanggung jawab Pemkab Padangpariaman juga menyangkut akses milik kabupaten. Artinya, jalan yang menjadi wewenang provinsi juga dibenahi oleh provinsi.

“Kalau akses masuk yang menjadi wewenang provinsi sudah bisa dikatakan rampung 100 persen besok. Itu yang saya lihat tadi. Sedangkan akses kabupaten, sudah terperbaiki jauh hari,” ujarnya.

Kendati tidak terlibat dalam kepanitiaan, lanjut Azwarman, Padangpariaman selaku tuan rumah MTQ nasional itu, sudah pasti memiliki keistimewaan. Salah satunya soal jumlah undangannya yang pasti lebih banyak dari peserta lainnya.

BACA JUGA:  Ada Warga Padang Meninggal di Jalan

“Keberuntungan kita menjadi tuan rumah sudah tentu juga dirasakan langsung oleh UMKM kita nantinya. Khususnya yang bergerak di bidang kuliner,” pungkasnya. (da.)

  • Bagikan