Tips Sukses Pendaftaran PPDB SMA di Sumbar 2021 Hari Ini

  • Bagikan
Pendaftaran PPDB SMA di Sumbar 2021
Baca petunjung yang telah disediakan di halaman resmi PPDB Online Sumatera Barat. (Grafis: Tim Datiak.com)

Padang | Datiak.com – Pendaftaran PPDB SMA di Sumbar 2021 dibuka hari ini (21/6). Namun, sebelumnya setiap para calon pesertanya diwajibkan membuat akun terlebih dahulu. Baik yang ingin mendaftar di jalur Sekolah Menengah Atas (SMA) ataupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumbar.

Untuk membuat akun tersebut, para calon peserta harus mengakses situs resmi pendaftaran PPDB SMA di Sumbar 2021. Yakni di ppdb.sumbarprov.go.id. Di situs ini, pembuatan akun bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Sumatera Barat (Sumbar), Jasman Rizal. “Harus diketahui bahwa link pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Sumatera Barat untuk tingkat SMA dan SMK hanya ada satu,” ucapnya.

Artinya, imbah Jasman, tidak ada link selain ppdb.sumbarprov.go.id yang untuk pendaftaraan PPDB SMA di Sumbar 2021. “Menyangkut adanya link atau situs pendaftaran di setiap kabupaten/kota di Sumbar itu tidak benar,” tegas Jasman.

Melansir dari halaman resmi atau situs PPDB Online Sumatera Barat di https://ppdb.sumbarprov.go.id/, dijelaskan bahwa setiap calon peserta disarankan mendaftar menggunakan browser pada laptop atau personal computer (PC). Lalu, pastikan sudah membaca panduan registrasi akun PPDB.

BACA JUGA:  Sumbar Rawan Abrasi Pantai, Pemprov Diminta Buat Perda

Jika sudah melakukan kedua hal tersebut, para calon peserta pendaftaraan PPDB SMA di Sumbar 2021, tinggal menekan tombol Daftar di pojok kanan atas beranda situs tersebut. Di tahap pendaftaran ini, para calon peserta bakal diminta mengisi sejumlah data berikut:

  1. Nama Lengkap (sesuai Kartu Keluarga).
  2. 16 digit Nomor Induk Kependudukan (NIK) (sesuai Kartu Keluarga).
  3. 16 digit nomor Kartu Keluarga (KK).
  4. Tempat dan tanggal lahir (sesuai data Kartu Keluarga).
  5. Buat password (kata sandi) yang kuat. Yakni sebanyak 8 karakter berupa huruf besar dan kecil, angka serta simbol.
  6. Masukan kembali atau konfirmasi kata sandi yang sudah dibuat dengan benar.
  7. Masukan email (boleh email calon peserta didik atau walinya/orangtua).
  8. Jika seluruh data telah diisi di kolom yang disediakan, tekan tombol Daftar.

Apabila sudah yakin seluruh data yang diisi benar, para calon peserta didik PPDB SMA di Sumbar yang melakukan pendaftaran secara online, tinggal menekan tombol Lanjutkan yang tersedia pada kolom konfirmasi pendaftaran. Otomatis, akan tampil pemberitahuan bahwa pendaftaran berhasil dilakukan. Dengan demikian, data tersebut telah tersimpan dalam situs.

Masuk ke Situs Pendaftaraan PPDB SMA di Sumbar 2021

Setelah sukses melakukan pendaftaran, calon peserta didik bisa langsung login (masuk) ke situs PPDB Online Sumatera Barat, dengan menekan tombol Masuk di pojok kanan atas beranda situs tersebut. Untuk masuk, calon peserta didik bisa menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai Username dan kata sandi sesuai yang dibuat saat pendaftaran akun.

BACA JUGA:  Kepala BPBD Sumbar Bantah Soal Dugaan Korupsi Dana Covid-19

Jika sudah berhasil masuk ke halaman akun, calon peserta didik PPDB SMA di Sumbar 2021 akan diminta melakukan konfirmasi sejumlah data. Di antaranya data pribadi, domisili, asal sekolah, orang tua/wali hingga data nilainya.

Proses konfirmasi itu dilakukan dengan melakukan klik untuk memberi tanda centang pada setiap data. Setelah itu, calon peserta didik bakal diminta mencentang pernyataan bahwa data sudah benar, sebelum lanjut ke tahap konfirmasi penyimpanan data.

Pendaftaran PPDB SMA di Sumbar 2021

Setelah calon peserta didik menyelesaikan tahapan konfirmasi data, mereka bakal memasuki tahapan pendaftaran ke sekolah tujuan. Baik itu SMA ataupun SMK yang diminati. Tahapannya dimulai dengan menekan atau klik tombol Daftar di halaman Dashboard Siswa. Berikut tahapan lengkapnya:

  1. Pilih Satuan Pendidikan dan Jalur Masuk.
  2. Pilih Sekolah (pilihan yang muncul sesuai dengan syarat Jalur Masuk pilihan calon peserta didik).
  3. Konfirmasi Pilihan.
  4. Pilihan Kedua (opsional atau tidak wajib). Pada Pilihan Kedua ini, calon peserta didik bisa memilih Jalur Masuk yang berbeda dengan pilihan pertama.
  5. Tahap terakhir, calon peserta didik tinggal mengunduh atau download Kartu Peserta sebagai bukti pendaftarannya.
BACA JUGA:  Saking Akrab, Anak Panti Asuhan Anggap Ali Mukhni Ayah

Pendaftaran PPDB SMK di Sumbar 2021

Untuk pendaftaraan di jalur SMK, calon peserta didik juga harus memulainya dengan klik tombol Daftar di halaman Dashboard Siswa. Setelah itu, barulah melalui tahapan berikut:

1. Jalur Masuk (hanya diperbolehkan satu pilihan).

2. Pilih Sekolah dan Jurusan (calon peserta didik diperbolehkan memilih dua jurusan di satu SMK, atau jurusan yang sama di dua SMK).

2. Konfirmasi Pilihan

Sebelum menekan tumbol Konfirmasi Pilihan, calon peserta didik dipastikan membaca kembali setiap data atau pilihan sekolah dan jurusannya. Setelah yakin, barulah klik tombol Konfirmasi dan Simpan, lalu unduh Kartu Peserta.

Agar para calon peserta didik bisa lancar melakukan registrasi hingga pendaftaran PPDB SMA di Sumbar 2021, sangat dianjutkan membaca secara tuntas panduan pada link berikut: https://ppdb.sumbarprov.go.id/peraturanppdb. (da.)


Informasi Sumatera Barat dan Minangkabau dalam berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan