Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Tingkatkan PAD Padangpariaman, Fraksi PKS Beri 8 Saran

  • Bagikan
tingkatkan PAD Padangpariaman
Juru Bicara Fraksi PKS, Jon Hendiri, saat penyampaian pandangan akhir Fraksi PKS dalam Paripurna KUA-PPAS Perubahan APBD Padangpariaman tahun 2021. (Foto: Datiak.com)

Padangpariaman | Datiak.com – Fraksi PKS DPRD Padangpariaman memberikan 8 saran atau rekomendasi untuk tingkatkan PAD Padangpariaman. Hal itu disampaikan Juru Bicara Fraksi PKS, Jon Hendiri, saat penyampaian pandangan akhir Fraksi PKS dalam Paripurna KUA-PPAS Perubahan APBD Padangpariaman tahun 2021.

Sebelum menyampaikan ke delapan poin rekomendasi Fraksi PKS, Jon Hendiri menjelaskan bahwa upaya untuk tingkatkan PAD Padangpariaman, sangat bergantung kepada kemampuan pemerintah daerah dalam menggali sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Padangpariaman.

“Akan tetapi, usaha menggali dan mengekplorasi pendapatan daerah juga harus tetap memperhatikan beban sosial ekonomi masyarakat. Artinya, jangan sampai membebani masyarakat,” kata Jon Hendri saat membacakan naskah pandangan akhir Fraksi PKS tersebut.

Untuk itu, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman tidak sekadar bersemangat dalam mengeksplorasi potensi pendapatan daerah dengan menarik pajak dan retribusi, tetapi juga harus membuka, membangun, memfasilitasi dan mengembangkan unit-unit usaha untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat secara maksimal. Sehingga, pendapatan masyarakat pun semakin meningkat.

BACA JUGA:  Penataan Aset Padangpariaman, PKS: Harus Jelas Targetnya

“Dengan demikian, secara otomatis hal itu akan medukung untuk tingkatkan PAD Padangpariaman melalui pajak dan retribusi,” ujar politisi PKS dari Dapil 3 Padangpariaman tersebut.

Sekarang, imbuhnya, pendapatan asli daerah Padangpariaman paling kecil disumbang dari retribusi daerah, yaitu Rp 3.420.200. Untuk itu, dalam rangka mendorong meningkatkan pendapatan pajak ataupun retribusi Padangpariaman, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memberikan 8 saran atau rekomendasi.

Rekomendasi PKS Tingkatkan PAD Padangpariaman
  1. Pemkab Padangpariaman agar segera melakukan evaluasi per triwulan terhadap pelaksanaan seluruh peraturan daerah (perda) Padangpariaman. Terutama perda yang berkaitan dengan pendapatan asli daerah, seperti perda pajak dan retribusi daerah.
  2. Fraksi PKS meminta Pemkab Padangpariaman melakukan evaluasi capaian target PAD terhadap masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Padangpariaman yang menjadi penghasil PAD. Yakni dengan memberikan reward kepada OPD yang melampaui target. Sebaliknya, memberikan punishment kepada OPD yang tidak mencapai terget, dengan cara mengurangi anggarannya pada tahun anggaran berikutnya.
  3. Pemkab Padangpariaman melalui Dinas Pendapatan Daerah agar menata ulang semua objek pajak dan retribusi yang tidak memenuhi kewajibannya. Selanjutnya, memproses mereka sesuai undang-undang yang berlaku. Hal itu tentunya dilakukan setelah pembinaan dan pendampingan oleh pemerintah daerah.
  4. Pemkab Padangpariaman melalui SatpolPP dan Dinas Pendapatan Daerah agar sewaktu-waktu melakukan inspeksi mendadak terhadap objek pajak ke lapangan, dengan melakukan kontrol atau cek ketaatan mereka terhadap peraturan daerah atau undang-undang yang berlaku.
  5. Dalam upaya tingkatkan PAD Padangpariaman, Fraksi PKS menyarankan agar Pemkab Padangpariaman membuat tim khusus yang menangani peningkatan PAD. Tim itu terdiri dari lintas OPD yang memiliki potensi PAD di lingkungan Pemkab Padangpariaman. Nantinya, tim ditugaskan untuk terfokus pada setiap kecamatan di Padangpariaman.
  6. Fraksi PKS meminta Pemkab Padangpariaman agar serius mengelola sektor pariwisata. Mengingat, potensi alam Padangpariaman sangat banyak untuk dikembangkan. Hal itu tentunya juga bisa mendukung tingkatkan PAD Padangpariaman dari sektor pariwisata.
  7. Fraksi PKS meminta Pemkab Padangpariaman untuk melakukan analisa pembentukan dinas pendapatan guna memaksimalkan pendapatan asli daerah.
  8. Sesuai rekomendasi BPK RI, Pemkab Padangpariaman diminta segera melakukan pendataan dan penataan ulang Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di OPD lingkup Pemkab Padangpariaman. (da.)
BACA JUGA:  Izet si Preman Viral Tertangkap Jam 6 Pagi, Celananya Copot

Temukan berita Padangpariaman hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan