Tiket Bus di Padang Banyak Habis untuk 1 Minggu ke Depan

  • Bagikan
Tiket Bus di Padang habis
Para pemudik Sumbar yang ingin kembali ke perantauan memadati salah satu pol bus di Padang. (Foto: Ist)

Padang | Datiak.com – Bisnis transportasi darat bergeliat dimomen Lebaran tahun ini. Buktinya, tiket bus di Padang, sudah banyak yang habis untuk satu Minggu ke depan. Hal ini terjadi pada moda transportasi bus antar provinsi. Sebab, sangat banyak perantau yang memilih naik bus kembali ke daerah perantauan.

Kemarin, dua pul bus di Kota Padang tampak ramai perantau yang ingin kembali ke daerah perantauannya. Yakni pul bus NPM dan SAN di Lolong Belanti, dan pul bus ANS di Khatib Sulaiman Padang. Dominan, bus mengangkut penumpang rute Padang-Jakarta-Bandung.

Hariando, salah seorang petinggi bus NPM dan SAN, menjelaskan bahwa saat arus balik akhir libur Lebaran tahun ini, jumlah penumpang memang meningkat signifikan. “Peningkatan penumpang arus balik Lebaran ini mencapai 100 persen,” ungkapnya, ketika diwawancarai di PO NPM dan SAN Padang, di Jl. Juanda No. 77 Kelurahan Lolong Belanti, kemarin.

Hariando mengatakan, dominan penumpangnya yaitu perantau Minang yang ingin kembali ke Pulau Jawa. Tak sedikit pula penumpang tujuan berbagai provinsi di Pulau Sumatera ini. “Bus kita yang tujuannya ke berbagai provinsi di Pulau Sumatera ini juga penuh,” ucapnya.

“Tiket bus di Padang banyak yang habis. Terlebih rute Padang-Jakarta-Bandung, dengan intensitas keberangkatan terbanyak, yakni 4-5 bus per harinya untuk keberangkatan dari Kota Padang,” imbuhnya.

Bahkan untuk 4 hari ke depan, sambungnya, tiket bus di Padang milik NPM dan SAN sudah habis. “Jadi, kemungkinan dalam minggu depan (seminggu ini, red), masih banyak pemudik Sumbar yang kembali ke daerah perantauan,” hematnya.

Tidak hanya NPM dan SAN, PO bus ANS yang berada di Jl. Khatib Sulaiman No. 101 Padang, juga dipadati penumpang saat arus balik Lebaran tahun ini. Per hari, sebanyak 7-8 bus ANS di Khatib Sulaiman itu memberangkatkan penumpang.

“Jumlah penumpang kita meningkat sekitar 100 persen. Dominan daerah tujuan penumpang kita yaitu Jakarta dan Bandung,” kata M. Arif Amaludin, agen depo ANS Padang, kemarin.

Tidak tanggung-tanggung, tiket bus di Padang milik ANS bahkan sudah terjual habis hingga keberangkatan pada 15 Mei 2022. “Tiket bus di Padang yang sudah di-boking penuh tersebut yaitu untuk bus tujuan Padang-Jabodetabek-Bandung,” bebernya.

Selain kesiapan para PO Bus dalam memberangkatkan para pemudik kembali kedaerah rantau, para perantau sendiri mengaku arus balik tahun ini menjadi arus balik terpadat yang pernah mereka rasakan. Hal itu seperti disampaikan Sepdwiandri, salah salah seorang pemudik yang ingin kembali ke perantauan.

“Saya berasal dari Pariaman. Sekarang, saya kembali ke rantau bersama dua saudara saya. Tujuan kami yaitu Tangerang. Di sana saya ingin mencari pekerjaan,” ungkap Sepdwiandri.

Sedangkan penumpang bus lainnya, Aldi Asman, jumlah pemudik yang ingin kembali ke rantau sangat banyak kemarin, karena sudah memasuki hari terakhir libur Lebaran. Terlebih bagi ANS, mereka diwajikan masuk kerja hari ini (9/5).

“Saya tujuannya ke Bengkulu. Memang banyak juga penumpang ke sana. Mungkin kepadatan tahun ini juga karena sudah diizikannya perantau mudik oleh pemerintah pasca pandemi Covid-19,” tukasnya.


  • Bagikan