Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Tidak Hadir Pasca Lebaran, TPP PNS Tidak Dibayarkan

  • Bagikan
ASN yang ditemukan tidak hadir pasca lebaran
Sekdakab Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan saat melakukan sidak ke dinas-dinas. Ia mengatakan ASN yang ditemukan tidak hadir pasca lebaran bakal dikenai sanksi tegas. (Foto: Sabarial/ Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepulauan Mentawai yang tidak hadir pasca lebaran atau hari raya Idul Fitri terancam sanksi tegas. Yakni tidak dibayarkannya Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) mereka selama satu bulan. Sementara, bagi tenaga kontrak daerah atau pegawai harian yang juga tanpa keterangan, pasca lebaran gajinya akan dipotong.

Hal itu diungkapkan oleh Sekdakab Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD di lingkungan Pemkab Mentawai didampingi Asisten I, Sukirman, dan Kepala BKPSDM, Sermon Sakerebau serta kepala bidang pengembangan SDM, Sonia, kemarin (18/5). Sidak yang dimulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 11.30 Wib tersebut, masih didapati sejumlah ASN dan tenaga kontrak yang dalam kondisi tanpa keterangan.

Sekda Martinus mengatakan, akan mengambil langkah tegas menyikapi ASN dan tenaga kontrak yang tidak masuk kantor tanpa keterangan tersebut. Dia mengatakan, ASN yang tidak hadir pasca lebaran selama dua hari berturut-turut, TPP-nya tidak akan dibayarkan hingga 2 bulan.

BACA JUGA:  Pembangunan Jembatan Bukiklimbuku jadi Sorotan

“Bagi ASN yang tidak hadir hari ini, tidak akan dibayar TPP-nya. Silahkan jika ada yang mau komplen kemana. Mau ke ombusmen, silahkan! Kita akan jalankan aturan sesuai PP 53 tahun 2010,” ungkapnya.

Menurut dia, selama ini kata dia, masih ada yang merekayasa daftar hadir. Kali ini, kata dia, tidak lagi bisa demikian. Kita akan cek satu-satu sesuai daftar hadir akan diikuti dengan surat pernyataan oleh pimpinan OPD yang bersangkutan.

“Dulu boleh dianggap hanya sebagai gertak sambal saja. Sekarang, kita tidak ada tolerir lagi kepada ASN yang tidak hadir pasca lebaran. Nanti, kita akan cek sampai ke Badan Keuangan Daerah (BKD) untuk tidak menerbitkan surat perintah membayar TPP pegawai yang tanpa keterangan. Hal ini, seolah-olah sudah menjadi kebiasaan. Ini akan terus kita tindak lanjuti setiap bulannya,” katanya.

BACA JUGA:  Minta Gubernur dan Disdik Sumbar Desak Mendikbud Soal PPDB

Selain itu, lanjut dia, bagi yang pegawai dan tenaga kontrak yang tidak hadir pasca lebaran tanpa keterangan juga diperintahkan untuk diberi surat teguran oleh pimpinan masing-masing. Hal ini, kata dia, juga akan berdampak terhadap penundaan kenaikan pangkat pegawai bersangkutan.

Ditemukan PNS Tidak Hadir Pasca Lebaran

Hasil sidak di Dinas Perikanan, terdapat 38 orang PNS dan pegawai harian yang hadir. Namun, setelah dicek didampingi langsung oleh Kepala Dinas Perikanan, Usman, banyak yang tidak berada di tempat.

Sementara, pada saat sidak di Dinas Sosial, terdapat salah seorang pegawai yang baru mengisi daftar hadir. Begitu juga halnya yang terjadi di Dinas Dukcapil. Saat sidak di sana, ada seorang ASN yang baru masuk kantor pada pukul 09.30 WIB.

Sedangkan, di Kantor Kesbangpol, ada sejumlah ASN yang tidak hadir pasca lebaran. Bahkan, ada juga yang memang tidak pernah hadir sejak lama. Kemudian, di kantor SatpolPP, juga dingatkan agar untuk standby di gerbang kantor Bupati. Dimana, sempat terjadi kekosongan petugas Banpol-PP yang piket di gerbang masuk kantor Bupati pada pagi hari.

BACA JUGA:  Kekayaan Ketua DPRD Sumbar 2019-2020 Turun Signifikan

Kepala BKPSDM, Sermon Sakerebau, mengatakan, bahwa, agenda Sidak ini sudah disampaikan jauh-jauh hari. Bahkan, transportasi dari Padang ke Mentawai dan juga kapal antar pulau juga sudah disesuaikan jadwalnya.

“Jadi tidak ada alasan, tidak bisa kembali bertugas, karena belum ada jadwal kapal. Nah, bagi yang mudik ke luar Mentawai, juga sudah kita kondisikan kapal cepat dari Padang pada hari Minggu pagi ke Tuapejat. Sorenya, juga ada kapal ASDP tujuan Tuapejat,” ungkapnya.

Ke depan, pihaknya juga mengusulkan untuk pemberian reward atau penghargaan kepada ASN yang memiliki dedikasi. Tentunya, akan dipersiapkan tim penilai dan juga kriteria penilaiannya. (da.)


Temukan berita Mentawai hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan