Terkonfirmasi Covid-19 di Mentawai Hampir Capai 100 Kasus

  • Bagikan
Juru Cicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar, menjelaskan bahwa terkonfirmasi Covid-19 di Mentawai masih terus bertambah. (Foto: Istimewa)

Mentawai | Datiak.com – Terkonfirmasi Covid-19 di Mentawai hampir mencapai 100 kasus. Sekarang, kasus positif virus corona di Bumi Sikerei itu sudah tercatat sebanyak 94 kasus. Kondisi itu tentunya membuat Pemkab Mentawai semakin tegas mengimbau warganya, agar patuh terhadap protokol kesehatan.

Juru Cicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar,  mengatakan bahwa penambahan terkonfirmasi positif Covid-19, masih terjadi pada Rabu (28/10). Jumlahnya sebanyak 5 orang pasien positif. Kasus tersebut hasil traking dan testing kepada pelaku perjalanan ke luar Mentawai. 

“Kelima pasien baru itu merupakan warga Desa Sioban, Kecamatan Sipora Selatan. Empat di antaranya sempat melakukan perjalanan ke luar Kepulauan Mentawai,” ungkap Lahmuddin yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai itu.

BACA JUGA:  Ditarget Emas, Sembilan Pesilat Sumbar Intens Latihan

Sedangkan satu orang pasien lagi, lanjut Lahmuddin, adalah anak laki-laki usia 10 tahun. “Anak itu tidak pernah melakukan perjalanan ke luar Mentawai. Namun, ia diduga terpapar dari temannya, yaitu seorang anak perempuan 7 tahun yang juga baru kembali dari luar Mentawai dengan keluarganya,” ucapnya.

Saat ini, katanya kelima pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu sudah diisolasi di Puskesmas Sioban. “Di samping penambahan terkonfirmasi positif, salah seorang pasien positif juga ada yang sudah sembuh. Beliau juga warga Sioban. Yakni seorang pria 29 tahun yang bekerja sebagai pegawai honor di Puskesmas Sioban,” ungkapnya.

Sekarang, imbuhnya, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Mentawai sudah tercatat sebanyak 94 kasus. Beruntung 60 orang pasien sudah dinyatakan sembuh. “Alhamdulillah kasus meninggal dunia tidak ada terjadi di daerah kita akibat Covid-19 ini,” ucap syukur Lahmuddin.

BACA JUGA:  Keterbukaan Informasi Kunci Keberhasilan Pemerintah

Kini, katanya terdapat 34 orang pasien lagi yang masih dalam proses penyembuhan di sana. Yakni 3 orang diisolasi di fasilitas khusus, 7 orang isolasi mandiri, 1 orang diisolasi di Aceh, 9 orang diisolasi di Puskesmas Sioban, 2 orang diisolasi di Puskesmas Sikakap, 1 orang disolasi di Puskesmas Malakopak, 2 orang diisolasi di Padang, dan 3 orang dirawat di Rumas Sakit Pratama Siberut Selatan.

“Kita kembali mengingatkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. Sebab ini cara terbaik untuk mencegah, memutus dan menekan peningkatan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 ini,” pinta Lahmuddin tegas. (da.)

  • Bagikan