Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Tempat Wisata di Tanah Datar, 21 Objek Populer Wajib Dikunjungi

Pacu Jawi merupakan tradisi petani di Tanah Datar yang berkembang menjadi pertunjukan yang menarik banyak wisatawan. (Foto: Farida Ridhwan/Pixabay)
3869 pembaca

Tempat wisata di Tanah Datar sangatlah banyak. Sebab, di sini banyak peninggalan budaya dan sejarah Minangkabau. Di mana saja objek wisata di Tanah Datar itu?

Kabupaten Tanah Datar berada di Provinsi Sumatera Barat yang beribukota di Batusangkar. Ada beberapa tempat wisata di Tanah Datar yang penting untuk masuk dalam jadwal perjalanan wisata Anda. Jejeran objek wisata di Tanah Datar mengadung nilai sejarah dan budaya yang dapat mengedukasi Anda tentang Ranah Minang.

Untuk referensi wisata Anda, Datiak.com merangkum 21 objek wisata di Tanah Datar yang populer dan selalu dikunjungi wisata lokal, nusantara bahkan mancanegara.

1. Cagar Budaya Batikam

Tempat wisata di Tanah Datar yang pertama merupakan wisata Cagar Budaya Batikam yang berada di kawasan Jorong Desa Tuo, Kecamatan Nagari Lima Para, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar. Sesuai namanya, tempat ini satu di antara cagar budaya yang dilestarikan lantaran menjadi tempat monumental.

Dalam lokasi wisata ada batu dengan sisa tusukan di tengah-tengah. Oleh karena itu, banyak yang mengatakannya sebagai batu yang tertusuk. Menurut sejarahnya, tusukan pada batu bukan demikian saja terjadi, akan tetapi berawal dari sisa tusukan keris Datuak Parpatiah Nan Sabatang.

Tersedianya batu itupun jadi satu di antara bukti jika pada masa neolitikum, kerajaan Minangkabau pernah berkuasa. Lokasi ini dulunya sebagai tempat yang cukup penting, dipakai sebagai tempat persepakatan kepala suku atau medan nan bapaneh.

Walaupun umur batu telah beberapa ratus tahun, akan tetapi sampai sekarang tetap masih dijaga di menjadi peninggalan sejarah buat anak cucu. Di samping itu, batu ini juga menjadi gambar perdamaian dan persepakatan di Minangkabau.

Lokasi: Jorong Desa Tuo, Kecamatan Nagari Lima Para, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.

2. Wisata Istana Pagaruyung/Istano Basa

Belum komplet rasanya perjalanan berlibur di kawasan Tanah Datar kalau belum bertandang ke wisata sejarah yang terkenal, yaitu wisata Istana Pagaruyung atau Istano Basa. Istana ini umurnya sangat tua. Dahulunya dipakai sebagai tempat tinggal untuk keluarga kerajaan Pagaruyung.

Sejalan kemajuan masa serta kehidupan kerajaan sudah memulai raib jadi pemerintahan Minangkabau, membuat tempat ini sebagai satu di antaranya cagar budaya yang dan satu di antara tempat wisata di Tanah Datar.

Bangunan istana seluruhnya materialnya dibuat dari kayu yang paling tangguh yang arsitekturnya sebagai Rumah Gadang. Istana ciri khas Minangkabau ini terdiri dalam 3 tingkat yang masing-masing tingkat mempunyai peranan tidak serupa.

Pada lantai satu ada suatu anjungan yang jadikan raja buat melaksanakan pelbagai perihal. Dimulai dari meditasi, persepakatan serta jadi ruang tidur untuk permaisuri. Sisi yang lain sebagai kamar anak-anak raja yang banyaknya ada 7 tempat.

Pada sisi tengah area ada suatu singgasana Bundo Kanduang yang dipakai buat memantau beberapa tamu. Ada juga etalase yang paling panjang benda-benda warisan kerajaan. Lantai ke-2 sebagai bangunan kosong yang dipakai buat anak wanita raja yang belum menikah. Di sisi langit-langit dan dinding ada ukir pahatan dan hiasan yang bikin siapa sajakah berdecak takjub.

Di samping itu ada juga kain hiasan yang indah yang dikuasai warna merah serta emas. Setelah itu kita akan menyaksikan lantai paling akhir atau lantai 3. Di sisi ini dipakai sebagai tempat penyimpanan alat kebesaran Raja. Untuk beberapa pengunjung yang tiba disiapkan tempat buat sewa busana rutinitas Minangkabau yang dapat dipakai buat foto-foto. Benar-benar perjalanan wisata yang membahagiakan khan?

Lokasi objek wisata di Tanah Datar ini di Jalan Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.