Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Target Sumbar Raih 16 Emas PON masih Memungkinkan?

  • Bagikan
Target Sumbar di PON 2021
Atlet silat Sumatera Barat, Suci Wulandari, saat mengalahkan pesilat asal Sumatera Utara, Afriani Laurensia Barus. (Foto: KONI Sumbar)

Jayapura | Datiak.com – Target Sumbar untuk meraih 16 emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 semakin berat. Pasalnya, hingga kemarin duta-duta olahraga Sumbar baru mampu mengumpulkan empat medali tertinggi.

Di sisi lain, kurang dari sepekan lagi, perhelatan multievent olahraga terbesar tanah air itu akan berakhir. Namun, KONI Sumbar masih optimistis kalau target Sumbar tersebut bisa diwujudkan. Sebab, kontingen Sumbar masih akan bertanding pada beberapa cabang andalan lagi.

Kepala Bidang Humas dan Teknologi Informasi KONI Sumbar Rakhmatul Akbar menjelaskan, beberapa cabang andalan tersebut adalah atletik, tarung derajat, kempo, karate, dan paralayang yang masing-masing diproyeksikan untuk meraih satu emas. Kemudian ada juga proyeksi dua emas dari gulat.

Tak hanya itu, dari pencak silat juga masih ada peluang. Karena, sudah ada dua pesilat yang lolos ke semifinal dan bertanding hari ini. Seandainya kiprah para atlet dari cabang olahraga yang disebutkan di atas berjalan mulus, total emas yang baru terkumpul sebanyak 13 keping. Masih kurang.

BACA JUGA:  Tanah Stadion Utama Sumbar Dihibahkan ke UNP

“Insya Allah ada kejutan dari nomor terukur di mana kini Sumbar memimpin. Soal cabang, sabar ya!” ujarnya, sembari mengatakan cabang kejutan itu di luar yang diproyeksikan.

“Insya Allah yang kejutan ini bisa tiga emas dari satu cabor (cabang olahraga),” sambung Rakhamatul Akbar via pesan WhatsApp.

Di ujung tanduk. Begitulah kira-kira posisi Sumbar saat ini. Sebab, bila satu saja meleset, target Sumbar yang dipancangkan, gagal tercapai. “Kalau dari standar ukuran… ya begitu,” katanya.

Dari catatan Datiak.com, cabang terukur yang masih dipertandingkan hingga kemarin adalah atletik, angkat besi, paralayang, layar, motor cross, dan catur. Sedangkan yang belum dipertandingkan ada selam laut, angkat berat dan renang.

BACA JUGA:  Literpan Kepulauan Mentawai Gelar Pertandingan Voli

Untuk atletik yang sejak awal ditargetkan meraih dua emas, sudah merealisasikan satu. Yakni lewat Fauma Depril Jumar dari nomor dasa lomba, dua hari lalu. Nah, beban untuk satu target Sumbar lainnya akan diemban Rafika Putra.

Sebelumnya Rafi merupakan peraih medali emas lontar martil pada kerjunas tahun 2018 dan 2019, serta Porwil 2019. Dia juga mewakili Indonesia di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019. Lemparan terbaiknya adalah sejauh 55,65 meter.

Selain emas, dia pun menargetkan lemparan di atas 57 meter. Artinya memecahkan rekor nasional atas nama Dudung Suhendi dengan lemparan sejauh 55,96 meter. Namun diakui Rafi apa yang telah diraih Fauma menjadi beban sekaligus melecutnya untuk meraih prestasi yang sama.

BACA JUGA:  Harimau Sumatera Menjelajah hingga Terperangkap di Pemukiman Warga

“Tapi Rafi harus yakin dan semangat buat Sumbar supaya bisa nambah satu emas lagi,” ungkapnya.

Terkait klasemen sementara di perolehan medali, hingga kemarin peringkat Sumbar turun dari sebelumnya di posisi 15 menjadi peringkat 18. Yakni dengan perolehan empat emas, empat perak, dan 10 perunggu. Hal itu tentunya masih sangat jauh dari target Sumbar di PON ini. (da.)


Temukan berita Olahraga hari ini dan berita Sumbar terkini di Datiak.com.

  • Bagikan