Target Nilai SAKIP Naik Setingkat

  • Bagikan
RAPAT%2BSAKIP
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni saat menyaksikan ekpos SAKIP OPD di ruang kerjanya, Selasa (10/2). (Foto: Humas)
Padangpariaman – Bupati Kabupaten Padangpariaman, Ali Mukhni menginginkan nilai laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Padangpariaman naik setingkat dari tahun lalu. Yakni dari B menjadi BB di tahun depan.

Untuk mencapai target tersebut, Ali Mukhni meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman melakukan persiapan semaksimal mungkin.

“Untuk dapat nilai BB itu harus 70 poin. Tahun lalu kita sudah dapat 67 poin dengan nilai B. Jadi kita tinggal kejar 3 poin lagi,” ujar Ali Mukhni di Paritmalintang, siang tadi (11/3).

Jadi, menurutnya target nilai BB sangat masuk akal. Melihat Padangpariaman terus meningkatkan kualitan kerja pemerintahannya. Terutama dalam hal inovasi untuk menciptakan pelayanan publik yang baik.

“Kemarin (10/3) saya sudah ekspos kinerja OPD. Jadi ada persamaan persepsi OPD dalam mewujudkan visi misi daerah nantinya,” ungkap bupati yang dua kali berturut-turut meraih penghargaan Inovatif Goverment Award (IGA) tersebut.

Sedangkan Inspektur Padangpariaman, Hendra Aswara mengatakan, inovasi OPD dan efisiensi anggaran sangat penting dilakukan. Sistem manajemen pemerintahan juga harus terfokus pada peningkatan akuntabilitas, serta kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome).

“Bulan lalu kita sudah evaluasi di tingkat kecamatan. Sekarang kita evaluasi OPD. Jadi, seluruh Kepala OPD wajib mengekspos kinerja di hadapan bupati,” kata Hendra. (da.)
  • Bagikan