Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Tangani Dampak Covid-19, Mentawai Sudah Kucurkan Rp 25,7 Miliar

  • Bagikan
Juru Bicara Penanganan Covid-19 Bidang Kebijakan, Serieli Bw, saat memberikan keterangan pers terkait anggaran yang sudah dikucurkan Pemkab Mentawai untuk tangani dampak Covid-19. (Foto: Sabarial/Datiak.com)

Mentawai | Datiak.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah menggelontorkan anggarannya hingga Rp 27,5 miliar untuk tangani dampak Covid-19 di segala bidang. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Penanganan Covid-19 Bidang Kebijakan, Serieli Bw, Kamis (5/11).

Serieli menjelaskan bahwa anggaran sekitar Rp 27,5 miliar itu, dikelola di 15 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Mentawai. Di antaranya di Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlinduangan Anak, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, dan Dinas Perhubungan, Dinas Perikanan, dan Dinas Perumahan.

“Jadi, secara rinci hanya OPD yang bisa menjelaskan realisasi anggaran tersebut. Kalau gambaran umumnya, anggaran itu digunakan untuk penanganan Covid-19 terkait pencegahan, kesehatan, pemulihan ekonomi, dan penanganan dampak sosial,” ungkap Serieli.

BACA JUGA:  Lahan Sawah di Padang Terus Berkurang

Sekarang, imbuhnya, dana yang masih tersisa untuk penanganan Covid-19 di Mentawai sekitar Rp 500 juta. Artinya, realisasi anggaran sudah hampir mencapai ambang batas yang disediakan. “Sisa dana inilah yang akan digunakan hingga akhir Desember 2020,” ungkapnya.

Menyangkut penganggaran di APBD Mentawai tahun 2021, Serieli belum dapat memastikan apakah akan tetap ada dialokasikan anggaran untuk penanganan Covid-19. Sebab, hal itu saat ini masih dalam tahapan pembahasan.

“Nanti kita akan sampaikan informasinya kepada rekan-rekan media menyangkut penganggaran di tahun 2021,” pungkas Sereli.

Hanya saja, lanjutnya, banyaknya dana yang telah dikucurkan Pemkab Kepulauan Mentawai untuk tangani dampak Covid-19 tersebut, bukan menjamin angka positif menurun. Pasalnya, angka pasien terkonfirmasi positif masih mengalami trend peningkatan di Bumi Sikerei itu.

BACA JUGA:  Pendaftaran Penerima Bantuan Presiden Diperpanjang

Informasi yang dihimpun Datiak.com, penambahan positif Covid-19 memang masih terjadi, Kamis (5/11). Yakni sebanyak 9 orang terkonfirmasi positif virus corona tersebut. Sebanyak 6 pasien positif baru itu diisolasi di Pagai Utara Selatan. Sedangkan 3 orang lainnya diisolasi di Tuapejat.

Jadi, total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kepulauan Mentawai sekarang sudah tercatat sebanyak 121 orang. Untungnya, 78 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh atau negatif dari virus asal Wuhan, Hubai, Tiongkok tersebut. Selain itu, di sana juga tidak pernah ada pasien yang meninggal dunia. (da.)

  • Bagikan