Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Tanah Stadion Utama Sumbar Dihibahkan ke UNP

  • Bagikan
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Rektor UNP, Prof Ganefri, bersama jajarannya meninjau perkembangan pembangunan Stadion Utama Sumbar. dalam kesempatan tersebut, Ganefri turut mengemukakan keinginannya untuk bisa mendapatkan sebagian kecil tanah Stadion Utama Sumbar, guna pengembangan FIK UNP di sana. (Foto: Humas)

Padang | Datiak.com – Niat Universitas Negeri Padang (UNP) membangun Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di Stadion Utama Sumbar mulai mendapat titik terang. Hal itu setelah Pemprov Sumbar mengibahkan tanah Stadion Utama Sumbar yang terletak di Nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, untuk kebutuhan pembangunan FIK UNP tersebut.

Sebelumnya, Rektor UNP Prof Ganefri memang mengemukakan keinginannya mengembangkan FIK UNP di Stadion Utama Sumbar. Hal itu ia sampaikan saat meninjau stadion tersebut, Jumat (31/7). Keinginan Genefri pun langsung didukung penuh Ketua Ikatan Alumni UNP, Ali Mukhni.

Hasilnya, Kamis (8/10), harapan Ganefri tersebut terjawab. Pemprov Sumbar memutuskan memberi hibab hak pakai tanah Stadion Utama Sumbar untuk UNP. Luasnya sekitar 1,5 hektare. Dari hasil perhitungan, nilai tanah tersebut saat ini sebesar Rp 491.900.000.

BACA JUGA:  Padangpariaman Kembali jadi Juara Peduli Wisata Award

“Hibah ini untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan di UNP. Semoga bisa digunakan dengan sebaik-baiknya,” harap Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, di ruang rapat kantor Gubernur Sumbar, Kamis (8/10).

Keputusan mengibahkan 1,5 hektare tanah stadion tersebut, katanya demi mewujudkan Stadion Utama sebagai tempat pembibitan atlet kelas dunia. Jadi, keberadaan Stadion Utama Sumbar tidak hanya sebagai penghias presentasi maupun audiovisual.

Untuk itu, ia berharap UNP mampu mengalokasikan sumber daya yang cukup, sehingga upaya pembibitan atlet kelas dunia tersebut bisa tercapai. “Harapan kita ini juga akan memberi dampak positif terhadap perguruan tinggi negeri untuk eksis dan bersaing di kancah nasional maupun internasional,” hematnya.

Irwan juga mengungkapkan optimismenya bahwa UNP ke depan bisa menjadi universitas terbaik di Indonesia. Selain itu, menjadi lumbung atlet nasional ataupun internasional yang akan membanggakan Indonesia.

BACA JUGA:  Iriadi-Agus Dipastikan jadi Cabup dan Cawabup Solok

“Kami berharap, keberadaan Stadion Utama Sumbar ini mampu mendukung UNP melahirkan semakin banyak atlet-atlet nasional bahkan internasional. Sehingga, olahraga Sumbar menjadi andalan bangsa kita ini,” pungkas Irwan.

WR II UNP Terharu

Menyikapi itu, Wakil Rektor II UNP, Syahril, sangat mengapresiasi Pemprov Sumbar. Sebab, keputusan gubernur tersebut bukti kepedulian terhadap perkembangan pendidikan di Sumbar. Pihaknya memastikan bakal memanfaatkan apa yang telah disediakan Pemprov Sumbar sebaik dan semaksimal mungkin.

“Saya mewakili rektor sangat terharu dan senang karena Pemprov Sumbar telah peduli akan kebutuhan untuk memajukan UNP. Dengan bantuan ini, insya Allah UNP dapat meningkatkan prestasi olahraga nantinya,” harap Syahril. (da.)

  • Bagikan