Takut Rabies, Rutin Vaksinasi Hewan Peliharaan

  • Bagikan
Vaksin%2BRabies%2BOK
Petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan saat melakukan vaksinasi ternak warga di Kecamatan Koto XI Tarusan.

Pesisir Selatan – Rabies salah satu virus yang bisa menginfeksi manusia. Tak heran, apabila orang sangat takut dengan virus ini. Terlebih, hewan yang dapat menularkannya dekat di lingkungan manusia. Di antaranya anjing, kucing, kera, dan kelelawar.

Untuk itu, pemerintah terus melakukan deteksi terhadap hewan penular virus rabies ini. Contohnya yang dilakukan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pesisir Selatan, sejak Senin (9/3). Petugasnya turun ke lingkungan masyarakat untuk memvaksinasi hewan liar penyebar rabies tersebut. Pasalnya, di sana tercatat populasi anjing mencapai 25.318 ekor.

“Pemberian vaksin rabies sangat penting untuk mengantisipasi penyebaran virus rabies kepada sesama Hewan Perantara Rabies (HBS) dan manusia,”  kata Kepala Puskeswan Terpadu Tarusan Yusril, seperti dilansir situs resmi Pemkab Pesisir Selatan.

Menurut Yusril, rabies tidak mungkin dapat dihindari. Virus itu juga bisa menyerang siapapun, apabila tidak dilakukan pengendalian secara khusus. “Tingginya populasi ternak anjing di sini tentu memberi rasa khawatir masyarakat, sehingga kita perlu melakukan penanggulangan,” hematnya.

Kendati demikian, setelah vaksinasi rabies tersebut, ia berharap ke depan masyarakat semakin menyadari pentingnya kesehatan hewan. “Kita mengimbau masyarakat agar aktif memvaksinasi hewannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” imbaunya. (da.)
  • Bagikan