Syiar Islam, Gencar Sejahterakan Masjid, Surau hingga Musala

Gerakan Tim Safari Ramadhan Pemkab Padangpariaman

  • Bagikan
syiar islam padangpariaman
Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, saat menjelaskan empat kata kunci visi Padangpariaman Berjaya dalam kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Ainul Yaqin, Korong Nansabaris, Nagari Padangkandang Pulau Air, Kecamatan Nansabaris. (FOto: Diskominfo Padangpariaman)

Padangpariaman | Datiak.com – Pemkab Padangpariaman membentuk 34 tim Safari Ramadhan tahun ini. Kunjungannya ke masjid, surau ataupun musala berlangsung selama 3 hari. Yakni pada Rabu-Jumat (6-8/4). Selain untuk syiar Islam, tim membawa bantuan berupa uang untuk pembangunan tempat ibadah tersebut, serta paket Al Quran.

Informasi yang dihimpun Datiak.com, Tim 1 Safari Ramadhan Pemkab Padangpariaman, dipimpin langsung oleh Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur. Lalu tim 2 dipimpin oleh Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang. Dan tim 3 dipimpin oleh Ketua DPRD Padangpariaman, Arwinsyah.

Sedangkan tim 4 dipimpin Kapolres Padangpariaman, tim 5 diketuai Kapolres Pariaman, tim 6 dikomanddoi Dandim 0308 Pariaman, tim 7 dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Pariaman, tim 8 diketuai Kepala Kejaksaan Negeri Pariaman, dan tim 9 dipimpin Ketua Pengadilan Agama Pariaman.

Selanjutnya, tim 10 Safari Ramadhan Pemkab Padangpariaman, dipimpin oleh Sekkab Padangpariaman, Rudy Repenaldi Rilis. Sementara itu, tim 11 hingga 34, dipimpin oleh pejabat para pejabat eselon 2 di Pemkab Padangpariaman. Yakni para asisten, staf ahli, kepala dinas, dan kepala badan.

Masing-masing tim Safari Ramadhan tersebut, per harinya mengunjungi 1 masjid, surau atau musala. Sehingga, selama 3 hari kegiatan Safari Ramadhan, sebanyak 102 masjid yang dikunjungi. “Sebenarnya ada 118 masjid, surau, dan musala yang dikunjungi dalam kegaiatan Safari Ramadhan tahun ini,” ujar Kabag Kesra Setdakab Padangpariaman, Azwarman.

Jika 102 masjid, surau ataupun musala sudah dikunjungi pada 34 tim Safari Ramadhan reguler. 16 masjid, surau ataupun musala yang tersisa bakal dikunjungi oleh tim Safari Ramadhan khusus. “Safari Ramadhan khusus ini hanya 2 tim. Tim 1 dipimpin oleh bupati, tim 2 diketuai oleh wabup,” ungkapnya.

Jadi, jadwal tim safari khusus, sambungnya, menyesuaikan dengan jadwal Bupati dan Wakil Bupati Padangpariaman. “Dalam tim safari khusus ini berisikan pejabat anggota DPRD serta eselon 2 dan 3,” kata Azwarman.

Sebelumnya, Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengatakan, kegiatan Safari Ramadhan momentum untuk syiar Islam. Lalu untuk menyejahterakan masjid, surau ataupun musala. “Bulan Ramadhan ini harus memotivasi kita untuk semakin memperbaiki kualitas ibadah, menyebar kebaikan dengan syiar Islam. Makanya, tujuan utama Safari Ramadhan yaitu untuk semakin mempererat silaturahmi dan komunikasi di masyarakat,” kata Suhatri Bur.

“Selain itu, kedatangan tim juga berniat untuk memperkuat motivasi masyarakat untuk gencar dalam syiar Islam di bulan Ramadhan ini. Bahkan sampai seterusnya. Misalnya dengan mendorong terlaksananya kegiatan positif di masjid, surau ataupun musala,” imbuh Suhatri Bur.

Sosialisasikan Capaian Kerja

Pemerintah sebagai pihak yang dipercaya dalam mengelola daerah untuk terus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, tentunya harus terus menyampaikan kepada masyarakat apa yang sudah dilakukannya. Hal ini salah satu pesan Suhatri Bur kepada 34 tim Safari Ramadhan reguler yang melakukan kunjungan ke masjid, surau dan musala selama 3 hari pada pekan kemarin.

“Dalam kegiatan Safari Ramadhan, tim juga menyosialisasikan apa saja yang telah dilakukan Pemkab Padangpariaman selama setahun belakang. Baik itu dari segi pembangunan infrastruktur ataupun pemberdayaan masyarakat untuk kesejahteraan daerah,” ujar Suhatri Bur.

Lalu, lanjut Suhatri Bur, tim Safari Ramadhan Pemkab Padangpariaman juga menyampaikan visi-misi Pemkab Padangpariaman yang kini dipimpinnya. Yakni visi Padangpariaman Unggul Berkelanjutan, Religius, Sejahtera dan Berbudaya. Katanya, visi religius wujud dari syiar Islam.

“Visi yang disingkat dengan nama Padangpariaman Berjaya ini, insya Allah akan tercapai dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat. Misalnya visi religius, insya Allah tercapai dengan menyemarakkan syiar Islam dan menyejahterakan masjid, surau dan musala,” tukasnya. (da.)

Baca berita Padangpariaman hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan