Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Syarat Mengurus Pajak Kendaraan 2024: Apakah Bukti Uji Emisi sudah Wajib

Ilustrasi warga yang sedang mengurus pajak kendaraan di kantor Samsat. (Foto: Samsat Online)
2231 pembaca

Apakah syarat mengurus pajak kendaraan 2024 ini ada perubahan? Semuanya akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini. Misalnya saja terkait bukti uji emisi yang sempat digadang-gadang menjadi syarat tambahan untuk uji emisi kendaraan skala nasional.

Untuk diketahui, pajak kendaraan bermotor adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik atau pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Pajak kendaraan bermotor terdiri dari dua jenis, yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahunan.

Pajak tahunan adalah pajak yang dibayarkan setiap tahun oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor, sedangkan pajak lima tahunan adalah pajak yang dibayarkan setiap lima tahun sekali oleh pemilik kendaraan bermotor.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) atau melalui gerai-gerai pembayaran pajak yang tersebar di berbagai tempat.

Namun, sebelum melakukan pembayaran pajak, ada beberapa syarat mengurus pajak kendaraan 2024, yang harus dipersiapkan oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor. Tentunya, tergantung dari jenis pajak yang akan dibayarkan.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Tahunan

Pajak kendaraan tahunan adalah pajak yang dibayarkan setiap tahun oleh pemilik atau pengguna kendaraan bermotor.

Pajak ini dikenakan berdasarkan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) dan bobot kendaraan bermotor yang mencerminkan tingkat kerusakan jalan atau pencemaran yang disebabkan oleh kendaraan bermotor tersebut secara relatif.

Untuk membayar pajak kendaraan tahunan, pemilik atau pengguna kendaraan bermotor harus mempersiapkan syarat-syarat berikut ini:

  • STNK asli dan fotokopi;
  • KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan bermotor sesuai data identitas kendaraan (untuk kendaraan atas nama perorangan);
  • Fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP perusahaan, dan TDP perusahaan (untuk kendaraan atas nama perusahaan);
  • Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran (SKKP) atau Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) terakhir;
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ).

Pembayaran pajak kendaraan tahunan dapat dilakukan di gerai-gerai pembayaran pajak yang tersebar di berbagai tempat, seperti bank, minimarket, pom bensin, atau aplikasi online.

Pemilik atau pengguna kendaraan bermotor cukup membawa STNK asli dan KTP asli, kemudian menunjukkan kode bayar yang tertera di SKKP atau SKPD terakhir.

Setelah melakukan pembayaran, pemilik atau pengguna kendaraan bermotor akan mendapatkan bukti pembayaran pajak dan stiker pajak yang harus ditempel di kaca depan kendaraan bermotor.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan

Pajak kendaraan lima tahunan adalah pajak yang dibayarkan setiap lima tahun sekali oleh pemilik kendaraan bermotor. Pajak ini dikenakan berdasarkan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) dan disebut juga sebagai bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Pajak ini bertujuan untuk mengatur kepemilikan kendaraan bermotor dan mencegah terjadinya penyalahgunaan identitas kendaraan bermotor.

Untuk membayar pajak kendaraan lima tahunan, pemilik kendaraan bermotor harus mempersiapkan syarat-syarat berikut ini:

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.