Standar Pelayanan Disdukcapil Padangpariaman Dievaluasi

  • Bagikan
Standar Pelayanan Disdukcapil Padangpariaman
Wabup Padangpariaman, Rahmang, saat berdialog dengan Ketua Komisi I DPRD Padangpariaman, Syafrizal Z, dalam kegiatan standar pelayanan Disdukcapil Padangpariaman. (Foto: Humas Pemkab Padangpariaman)

Padangpariaman | Datiak.com – Standar pelayanan Disdukcapil Padangpariaman dievaluasi, untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Evaluasi itu melibatkan banyak pihak. Di antaranya dari Disdukcapil Sumbar, Pusat Studi Kebijakan Publik Sumbar, PKK, GOW, OPD hingga kecamatan, Kepala KUA, MKKS, akademisi, dan jurnalis di Padangpariaman.

Kadisdukcapil Padangpariaman Muhammad Fadhly mengatakan, perubahan standar pelayanan terjadi karena adanya regulasi baru. Selain itu, penambahan standar tersebut karena pelayanan yang kini sudah berbasih online. Baik via aplikasi Android ataupun website.

“Sebelumnya, standar pelayanan kita itu hanya 21 indikator, sekarang sudah bertambah lebih dari setengahnya, yakni sebanyak 55 standar pelayanan Disdukcapil Padangpariaman,” ungkap Fadhly – sapaan Muhammad Fadhly, di Hall IKK Paritmalintang, Selasa (25/5).

Sedangkan Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang, jelang membuka acara tersebut menilai, layanan berbasis online yang dikembangkan Disdukcapil Padangpariaman, sudah sangat mempermudah masyarakat. Bahkan, mampu mengurangi pembiayaan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan.

BACA JUGA:  Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan Rumah

“Sekarang aplikasi yang dikembangkan Dukcapil Padangpariaman sudah memiliki lebih dari 61 ribu pengguna. Sedangkan pelayanannya per Mei 2021, sudah mencapai 119 ribu. Artinya, minat masyarakat akan pelayanan online sangat tinggi di Padangpariaman ini,” hemat Rahmang.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Padangpariaman, Syafrizal Z, memastikan bahwa pihaknya dilegislatif akan terus mendukung program Disdukcapil Padangpariaman. Sehingga, pelayanan administrasi kependudukan semakin bagus di Padangpariaman.

“Kebutuhan Disdukcapil Padangpariaman dalam melaksanakan pelayanan selalu kita pantau di Komisi I. Misalnya saja mobil pelayanan keliling yang digunakan, sudah sepantasnya untuk diperbaharui agar bisa mematikan keamanan kerja petugas,” hemat Syafrizal.

Jurnalis Ungkap Pengalaman

Di sisi lain, salah seorang jurnalis Padangpariaman, Aris Prima Gunawan, mengatakan bahwa Disdukcapil Padangpariaman memang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) paling inovatif di Ranah Saiyo Sakato. Kendati begitu, menurutnya standar pelayanan Disdukcapil Padangpariaman memang patut dievaluasi.

BACA JUGA:  Menko Kesra RI Ke-8 Sebut Mulyadi-Ali Mukhni Layak Pimpin Sumbar

“Evaluasi yang saya maksud itu bukan saja soal bertambahnya indikator pelayanannya, tetapi bagaimana indikator yang sudah ada sebelumnya dipastikan benar-benar terlaksana secara optimal,” ujar jurnalis Padang Ekspres tersebut.

Pria yang akrab disapa Aris itu menjadikan pengalamannya berurusan sebagai saran evaluasinya untuk Disdukcapil Padangpariaman. Dia pernah mendapatkan 2 KTP. “Ini menurut saya terjadi karena masih ada sisi-sisi pelayanan yang belum terintegrasi. Kalau kejadian ini sering, tentu bisa pemborosan pada blangko KTP,” hematnya.

Pengalaman lain yang dialaminya yaitu NIK yang tidak terdaftar. Hal itu ia ketahui saat mengurus NPWP. “Karena saya kenal dengan uda Fadhly (Kadisdukcapil Padangpariaman, Red), saya WA beliau soal keterdaftaran NIK ini, Beliaupun mengirim nomor kontak layanan yang sepertinya dikelola langsung oleh Dirjen Dukcapil,” paparnya.

BACA JUGA:  Vaksinasi Covid-19 di Padang Dilaksanakan Hari Ini

Katanya, masyarakat yang sangat awam, tentu akan kesulitan apabila menghadapi kondisi NIK yang tidak terdaftar tersebut. Jadi, ia menyarankan agar Disdukcapil Padangpariaman membentuk sistem yang tidak saja cepat dapat menerbitkan KTP, tetapi juga dapat memastikan NIK-nya terdaftar minimal sebelum setelah KTP diterbitkan.

“Ini saya sampaikan karena bukan hanya saya saja yang mengalaminya. Semoga kegiatan evaluasi standar pelayanan Disdukcapil Padangpariaman bisa mendapatkan hasil sesuai harapan,” tukasnya. (da.)

  • Bagikan