Rabu, 21 Februari 2024

Datiak.com

Berita Sumbar Terbaru Hari Ini dan Info Terkini

Skimming Mesin ATM: Lindungi Saldo Rekening, Nasabah Wajib Perhatikan 5 Hal Ini

Pelaku kejahatan dengan teknik skimming mesin ATM selalu mengintai nasabah perbankan. Untuk itu, ketelitian dan kehati-hatian nasabah salah satu cara terbaik dalam mencegahnya. (Ilustrasi: BCA)
1752 pembaca

Praktek kejahatan pembobolan rekening melalui ATM masih memakan korban. Pasalnya, masih banyak penjahat menempatkan alat skimmer pada mesin ATM, untuk mengelabui nasabah perbankan. Jadi, bagaimana agar tak jadi korban skimming mesin ATM?

Melansir dari penjelasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), aktivitas skimming mesin ATM awalnya terdeteksi di California. Tepatnya di Woodland Hills pada tahun 2009 lalu. Teknik yang dipakai pelaku kejahatan perbankan tersebut yaitu memakai alat skimmer yang ditempelkan pada mulut mesin ATM.

Bak OCBC NISP mengungkapkan, kejahatan skimming di Amerika Serikat membuat rugi hingga 1 miliar dolar AS /tahunnya. Modus operasi pelaku skimming mesin ATM, yaitu duplikasi data pada magnetic stripe kartu ATM nasabah. Hingga sekarang, kejahatan penyadapan atau skimming, tidak ada jalan keluarnya.

Di Indonesia sendiri, tindak kejahatan skimming mesin ATM juga menjadi momok menakutkan bagi nasabah. Apalagi oleh pihak perbankan. Sebab, tindakan ini juga sudah sering terjadi di Tanah Air. Kerugian juga sudah sampai miliaran rupiah.

Contohnya di Sumatera Barat, pada Mei 2022 nasabah PT Bank Nagari dibuat heboh. Pasalnya, sebanyak 190 nasabah yang melaporkan uang pada rekeningnya mengalami pengurangan bahkan habis. Setelah ditelusuri, kejadian itu diduga karena tindak kejahatan skimming mesin ATM. Sehingga, Bank Nagari harus mengucurkan penggantian dengan total sekitar Rp 2,5 miliar.

Belajar dari kejadian tersebut, sudah pasti pihak perbankan semakin ketat dalam sistem keamanan. Lalu gencar dalam mengedukasi nasabahnya. Sebab, kejahatan skimming mesin ATM bisa saja terjadi, karena ketidaktelitian nasabah saat bertransaksi.

Teknik Mencegah Tindakan Skimming

Untuk menghindari menjadi korban tindakan skimming mesin ATM, sebenarnya sangatlah sederhana. Berikut beberapa teknik pencegahan yang dirangkum Datiak.com dari berbagai sumber: