Sisa Kas OPD Padangpariaman Diperiksa Inspektorat

  • Bagikan
Inspektur Padangpariaman, Hendra Aswara menyerahkan surat tugas monitoring sisa kas OPD Padangpariaman kepada Sekretaris DPUPR Rahim Thamrin, Rabu (30/12). (Foto: Humas)

Padangpariaman | Datiak.com – Inspektorat Padangpariaman melakukan pemeriksaan sisa kas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Padangpariaman di pengujung tahun anggaran 2020. Pemeriksaan sisa kas OPD Padangpariaman tersebut dilakukan untuk memastikan akuntabilitas dan trasparansi pengelolaan anggaran selama tahun 2020.

“Tim pemeriksa kami sudah diturunkan sejak 29 Desember 2020. Mereka bakal melakukan monitoring dan pemeriksaan di OPD hingga kecamatan,” ujar Inspektur Padangpariaman, Hendra Aswara, kemarin.

“Proses pemeriksaan yang rutin dilakukan setiap akhir tahun ini, bakal berlangsung sampai tanggal 12 Januari 2021 nanti,” imbuh Hendra yang baru saja selesai melaksanakan entry brifing di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Padangpariaman itu.

Selama pemeriksaan dan monitoring itu, lanjutnya, OPD ataupun kecamatan diminta proaktif untuk melengkapi dan menyerahkan dokumen kepada tim dari Inspektorat. Misalnya dokumen register penutupan kas, daftar penerimaan dan pengeluaran, realisasi penerimaan dan penyetoran pajak, serta bukti setoran UYHD (Uang yang Harus Dipertanggungjawabkan).

BACA JUGA:  Kekayaan Cabup dan Cawabup Padangpariaman

“Kami rasa seluruh dokumen yang dibutuhkan tim selama pemeriksaan, sudah ada pada pengelola keuangan OPD dan kecamatan. Jadi, diharapkan respons melalui ditindaklanjuti cepat segala permintaan data oleh tim pemeriksa,” kata mantan Kepala DinsosP3A Padangpariaman tersebut.

Sedangkan Sekretaris DPUPR Padangpariaman, Rahim Thamrin, memastikan bahwa pihaknya bakal menindaklanjuti dengan cepat segala dokumen dan data yang dibutuhkan tim pemeriksa dari Inspektorat Padangpariaman.

“Insya Allah, segera data ataupun dokumen yang dibutuhkan tim pemeriksa akan kami penuhi sesuai format yang telah diberikan,” kata mantan Kabid Bina Marga DPUPR Padangpariaman tersebut.

Entry brifing yang dilakukan di Kantor DPUPR Padangpariaman itu juga diikuti Ketua Tim Pemeriksa Hengky Anwar, Inspektur Pembantu II Elita Sofia, Weni Darti dan Agusman. (da.)

  • Bagikan