Iklan Melayang
Iklan Melayang

Simulasi Penanggulangan Kebakaran Digelar di Sikakap

  • Bagikan
Petugas saat mempraktekkan simulasi penanggulangan kebakaran yang digelar di Sikakap, kemarin.
Foto: Sabarial/Datiak.com
banner 468x60

Mentawai | Datiak.com – Satuan Tugas TMMD bersama tim pemadam kebakaran dan Muspika Sikakap, menggelar simulasi penanggulangan kebakaran. Hal itu ditujukan untuk mengedukasi masyarakat, agar memahami teknik mengantisipasi bencana akibat amukan api tersebut.

Danramil 04/Sikakap, Kapten Inf Putra Irawan Damanik mengatakan, simulasi penanggulangan kebakaran itu, tidak saja mengedukasi masyarakat, tetapi melatih mental masyarakat menghadapi kondisi kebakaran nantinya.

banner 336x280

“Jadi masyarakat jangan sampai panik saat kebakaran, sehingga dampaknya lebih besar terhadap korban atau bangunan yang terbakar,” ujar Putra kepada awak media usai simulasi penanggulangan kebakaran tersebut, Kamis (25/3).

Pasalnya, imbuh Putra, kepanikan kerap membuat korban atau masyarakat di lingkungan bencana kebakaran, lupa melakukan tindakan yang dapat mencegah atau mereda kobaran api.

“Nah, masyarakat harus bisa seperti petugas pemadam kebakaran. Jadi, mitigasinya bisa berjalan baik saat menghadapi bencana kebakaran,” hematnya.

Media yang digunakan saat simulasi penanggulangan kebakaran, berupa kompor gas. Sebab, peralatan masak itu dinilai rentan memicu kebakaran, apabila terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Misalnya memasang selang aliran gas yang tidak tepat, sehingga membuat kebocoran pada gas.

“Dalam simulasi ini, nara sumber yang kita datangkan juga menunjukkan cara yang baik dan benar saat memasang selang aliran gas ke tabung gas. Lalu, mempraktekkan bagaimana memadamkan api saat terjadi kesalahan pada kompor gas,” paparnya.

Dengan dilakukannya simulasi tersebut, lanjutnya,diharapkan masyarakat bisa memahasi hal-hal yang berisiko kebakaran. Selain itu mengambil langkah cepat jika bencana itu terjadi di sekitarnya. Hal penting untuk meminimalisir kerugian korban.

“Jadi, masyarakat jangan sampai terpaku dengan menunggu kedatangan petugas pemadam kebakaran saat terjadi kebakaran di sekitarnya. Terlebih dominan kawasan kita di Mentawai ini aksesnya sulit ditempuh oleh kendaraan dengan kecepatan tinggi,” ucapnya.

Dalam simulasi penanggulangan kebakaran tersebut turut hadir Kapolsek Sikakap, serta petugas SatpolPP di Sikakap. Masyarakat Sikakap pun tampak menyaksikan simulasi dengan antusias. Terlebih ketika petugas yang menjadi nara sumber memadamkan api dari kompor gas menggunakan karung goni berbahan kain yang dibasahkan terlebih dahulu. (da.)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan