Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Sestama BNPB Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan di Mentawai

  • Bagikan
Sestama BNPB bersama Bupati, Dandim dan Kapolres Mentawai ketika memberikan keterangan pers terkait penerapan protokol kesehatan di Mentawai. (Foto: Istimewa)

Mentawai | Datiak.com – Penerapan protokol kesehatan di Mentawai terbilang berjalan baik. Buktinya, daerah kepulauan yang dipimpin Yudas Sabaggalet dan Kortanius Sabeleake ini, masih berisiko redah dari penyebaran Covid-19. Untuk itu, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah, memilih melihat langsung kepatuhan warga di Bumi Sekerei tersebut, Kamis (22/10).

Kunjungan Sekretaris Utama BNPB dan rombongan, disambut langsung oleh Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, Dandim 0319 Mentawai, Letkol Czi Bagus Mardyanto, dan Kapolres Mentawai, AKBP Ma’at.

Harmensyah cukup mengapresiasi penerapan protokol kesehatan di Mentawai, sehingga penyebaran Covid-19 di sana tidak melonjak signifikan. “Kita memantau angka penyebaran Covid-19 di Mentawai masih rendah. Makanya kita datang langsung ke sini melihat penerapan protokolnya,” ujar Harmensyah.

Kendati begitu, ia berharap Pemkab beserta seluruh lapisan masyarakat di Kepulauan Mentawai tidak boleh lengah. Pemkab Mentawai diminta untuk tetap ketaat dalam pengawasan, sedangkan masyarakat harus pertahankan kedisiplinan mematuhi protokol kesehatan.

“Kita harus terus komitmen memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Salah satunya tentu dengan memperketat protokol kesehatan dan gencarkan sosialisasi pola hidup sehat,” saran Harmensyah.

Pasalnya, lanjut Sestama BNPB, data yang diterimanya dari Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Mentawai, total terkonfirmasi positif hingga Kamis (22/10), tercatat sebanyak 79 orang warga Kepulauan Mentawai. Untungnya 55 orang di antaranya sudah sembuh. “Kini tinggal 24 pasien positif. Semoga cepat sembuh juga,” ucap Harmensyah mendoakan.

Sedangkan Yudas Sabaggalet mengatakan bahwa pihaknya sangat komitmen dalam penanganan Covid-19. Mulai dari penerapan protokol kesehatan, sosialisasi pencegahan Covid-19, penegakan aturan, hingga pemeriksaan swab PCR berkelanjutan.

“Pemkab berserta seruluh stakeholder terkait akan terus bekerja maksimal dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kepulauan Mentawai ini,” pungkas Yudas. (da.)

  • Bagikan