Sergap Kakab Padangpariaman Bertabur Bantuan

  • Bagikan
Wabup Padangpariaman, Rahmang, menyerahkan bantuan untuk RTLH dari Baznas Padangpariaman, saat pelaksanaan Sergap Kakab VI Padangpariaman. (Foto: Humas/Berita Sumbar)

MakaPadangpariaman | Datiak.com – Program Sergap Kakab Padangpariaman mampu menjadi wadah penyaluran berbagai bantuan untuk masyarakat. Sebab, program yang digagas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Padangpariaman tersebut, melibatkan banyak OPD hingga instansi/lembaga vertikal di Ranah Saiyo Sakato tersebut.

Kamis lalu (18/3), program Serentak Menggarap Kampung Keluarga Berkualitas (Sergap Kakab) VI digelar di Kampung KB Nyarai Indah Kencana, Korong Gamaran, Nagari Salibutan, Kecamatan Lubukalung. Program itu disinkronkan dengan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100, yang dijuga dilaksanakan di sana.

“Salah satu misi program Sergap Kakab memang untuk memperkuat koordinasi antar OPD di Padangpariaman dalam menyelesaikan permasalahan di Kampung KB,” ujar Kepala DPPKB Padangpariaman, dr. H. Aspinuddin, usai kegiatan tersebut.

BACA JUGA:  19.530 KK di Pariaman Dipastikan Terima Bantuan

Ia menjelaskan, kebersamaan dalam program Sergap Kakab Padangpariaman, telah banyak menyelesaikan permasalahan. Di antaranya bantuan untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), penyaluran bibit pertanian dan benih ikan, pemberian bantuan pendidikan/beasiswa, bantuan kesehatan, bantuan jamban, dan banyak lagi.

“Bantuan-bantuan ini tidak hanya bersumber dari OPD terkait di Pemkab Padangpariaman, tetapi juga dari Baznas Padangpariaman,” ujar mantan Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman tersebut.

Tidak saja penyaluran bantuan, katanya Sergap Kakab Padangpariaman juga momentum intervensi (penyelesaian masalah) dokumen kependudukan oleh Disdukcapil. Lalu juga ada disediakan layanan pengurusan BPJS dan perizinan di sana. “Dinas Perpustakaan kita juga ikut untuk membuka layanan pustaka sebagai edukasi penumbuhan minat baca,” ucapnya.

BACA JUGA:  Terduga Pemilik Paket Narkoba yang Ditemukan di BIM Ditangkap

Aspinuddin juga mengatakan saat ini ada 22 Kampung KB yang tersebar di 17 Kecamatan di Padangpariaman. Pihaknya menargetkan minimal ada 2 Kampung KB di per kecamatan nantinya. “Kampung KB ini sangat penting dalam upaya pengentasan kemiskinan. Makanya, keterlibatan seluruh instansi sangat penting dalam mewujudkan Kampung Keluarga Berkualitas ini,” tukas kadis yang dekat disapa dr. Jimmi tersebut.

Diapresiasi Wabup

Sebelumnya, Wakil Bupati Padangpariaman, Rahmang yang membuka Sergap Kakab VI, sangat mengapresiasi program tersebut. Terlebih dirinya melihat banyak OPD yang terjun melakukan pelayanan di Kampung KB.

“Pemkab Padangpariaman sangat mendukung program ini karena bisa mewujudkan keluarga kecil yang berkualitas secara menyeluruh. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dann bekerja keras, serta memberikan sumbangsih tenaga dalam pencapaian program bangga kencana,” katanya. (da.)

  • Bagikan