Iklan Suhatri Bur Kiri
Iklan Rahmang Kanan

Sepuluh Jabatan Kepala OPD di Limapuluh Kota Segera Dilelang

  • Bagikan
10 jabatan kepala OPD di Limapuluh Kota kosong 2021
Ilustrasi jabatan kosong. (Gambar: Tim Datiak.com)

Limapuluh Kota | Datiak.com – 10 kursi kepala OPD di Limapuluh Kota mengalami kekosongan sampai saat ini. Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota memastikan, seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) bakal dilakukan dalam waktu dekat. Sehingga, jabatan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD tersebut, sudah terisi jelang akhir 2021 ini.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Limapuluh Kota, Aneta Budi Putra. Ia menegaskan, seleksi terbuka akan segera dilakukan setelah usulan yang diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) disetujui.

“Kita prediksi dalam satu bulan ini tuntas. Artinya, seleksi terbuka (untuk mengisi jabatan kepala OPD di Limapuluh Kota yang kosong, Red) bisa selesai sebelum akhir tahun 2021,” kata Aneta Budi Putra.

Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, berharap hal tersebut benar-benar terwujud. Sehingga, kinerja Pemkab Limapuluh Kota lancar di tahun 2022. Sebab, keberadaan pimpinan definitif sangatlah vital untuk mendorong kerja OPD.

“Agar kinerja pemerintah di tahun 2022 bisa berjalan maksimal, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mesti mempercepat proses pengisian jabatan kosong di pemerintahan. Apalagi kepala dinas. Sehingga tidak menggangu progresivitas pebangunan daerah di tahun depan,” tegas Deni Asra.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum, lanjutnya, usai pelantikan pejabat baru-baru ini di Limapuluh Kota, sedikitnya ada 10 jabatan kepala OPD di Limapuluh Kota yang belum terisi. Sepuluh jabatan itu merupakan OPD strategis yang sangat penting bagi Kabupaten Limapuluh Kota.

“Jika nanti sudah diawal tahun ditetapkan atau pengisian jabatannya, kita khawatir pengurusan administrasi bagi pengguna anggaran (PA) akan menyita waktu juga sebelum memulai pekerjaan. Namun jika bisa segera ditetapkan menjelang akhir tahun ini, di 2022 kita langsung tancap gas saja lagi,” harap Deni Asra.

Salah satu jabatan kepala OPD di Limapuluh Kota yang belum terisi, yaitu jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Hal itu karena Kadis PUPR Limapuluh Kota, Yunire Yunirman, dilantik untuk mengemban amanah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Permukiman.

Pemerhati pemerintahan di Limapuluh Kota mulai menerka-nerka siapa yang akan menempati posisi strategis Kepala Dinas PUPR Limapuluh Kota ini. Sebab ada selentingan informasi, jabatan Kadis PUPR bakal di isi pejabat dari ASN yang berasal dari luar Pemkab Limapuluh Kota.

“Bisa saja, sebab dalam seleksi terbuka untuk pengisian jabatan kepala dinas tersebut, semua yang memenuhi syarat bisa ikut berkompetisi. Bisa saja pejabat dari luar yang akan mengisi jabatan Kadis PUPR. Namun untuk Plt, sepertinya Orlanda, Sekretaris PUPR yang akan ditunjuk,” hemat Deni Asra ketika ditanya soal penempatan jabatan.

Selain Dinas PUPR, kekosongan jabatan kepala OPD di Limapuluh Kota saat ini, yaitu pada Dinas Perhubungan, Inspektorat, Dinas Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari (DPMDN), Bapelitbang, Dinas Perdagangan dan satu jabatan Staf Ahli.

Sekretaris DPRD Kabupaten Limapuluh Kota yang kini dijabat Dharmawijaya, juga diprediksi akan bergeser pada periode ini. Sebab, terdengar selentingan, ada satu nama yang dikirim Bupati Limapuluh Kota untuk mengisi jabatan Sekwan dan minta disetujui DPRD.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu, Pemkab Limapuluh Kota melantik sebanyak 12 orang pejabat yang terdiri dari 10 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) atau kepala OPD di Limapuluh Kota. Sedangkan 2 orang lainnya merupakan pejabat administrator (Eselon III). (da.)


Baca berita Kabupaten Limapuluh Kota hari ini di Datiak.com.

  • Bagikan