Iklan Melayang
Iklan Melayang

Sengketa Informasi Pemilihan Kepala Daerah

  • Bagikan
Komisoner Bidang Sosialisasi Dan Edukasi, Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat, Arfitriati, penulis artikel opini berjudul Sengketa Informasi Pemilihan Kepala Daerah. (Foto: Istimewa)
banner 468x60

Hari ini, 9 November 2020, tepat satu bulan yang akan datang 9 Desember 2020 pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan dilaksanakan secara serentak di beberapa wilayah di Indonesia.

Saat ini tahapan demi tahapan perhelatan ini sedang berjalan. Diikuti sebanyak 270 daerah terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Tentu saja diharapkan pelaksanaan agenda demokrasi ini dari awal hingga akhir dapat berjalan dengan lancar berdasarkan asas Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil).

banner 336x280

Secara terukur indikator keberhasilan pelaksanaan Pilkada kali ini semakin tajam dikaji oleh berbagai pihak, disebabkan oleh situasi pandemi Covid-19. Saat ini semua pihak tidak boleh lengah dan mengabaikan hal-hal yang terkait dengan ketentuan pelaksanaan Pilkada di masa pandemi.

Kementerian Dalam Negeri pun dalam berbagai media menegaskan ada 2 indikator kesuksesan Pilkada tahun ini. Pertama, tingginya antusiasme masyarakat dalam memberikan hak suara sehingga partisipasi pemilih tinggi atau lebih meningkat. Kedua, terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah yang aman Covid-19 artinya Pilkada diharapkan tidak menjadi pemicu merebaknya penyebaran Covid-19.

Dua hal ini tentu saja tidak menafikan bahwa kesuksesan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah juga sangat ditentukan oleh berjalannya semua tahapan sebagaimana ketentuan. Termasuk dalam hal terjaminnya hak-hak setiap orang maupun kelompok berdasarkan peraturan perundang-undangan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan